10 KESALAHAN PESERTA TES CPNS

Oleh : Zazuli M. Hanief untuk http://www.toindonesia.wordpress.com

Sampai bulan Desember nanti, dunia kerja akan di dominasi oleh tes-tes Cpns dari berbagai institusi pemerintahan Indonesia. Beratnya beban ekonomi dan sempitnya peluang kerja membuat CPNS berpamor mencrang. Meski gajinya kecil, namun tetap saja menjadi favorit bagi para pencari kerja. Mungkin karna sabetannya lebih gede dari gajinya.

Jumlah SDM yang dibutuhkan dalam perekrutan CPNS sangat-sangatlah kecil. Ini sesuai dengan kemampuan anggaran pemerintah. Kondisi ini tentu membuat peluang keberhasilan juga menjadi sangat sulit diharapkan. Meski begitu, menyerah sebelum berjuang adalah kebodohan. Yang paling penting adalah mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan menyediakan plan B atau haluan baru jika pintu keberhasilan CPNS tertutup.

Dibawah ini adalah 10 kesalahan peserta tes CPNS :

1. Tidak percaya diri. Mungkin ini penyakit kebanyakan dari masyarakat kita. Sudah saatnya perasaan tidak percaya diri ini dipupus tuntas. Bukti adanya ketidakpercayaan diri ini terlihat dari peserta CPNS yang mempersiapkan diri dengan cara mencari bocoran soal. Kalau perlu dengan ongkos mahal. Juga ketika berlangsung tes tertulis, peserta akan sibuk mencari jawaban dari peserta lain alias nyontek. Mungkin kebiasaan dari sekolah ya…. Yang paling parah adalah bekerja sama dengan pihak dalam melalui koneksi atau menyuap petugas yang bisa meloloskan. Nah, ini nih yang nanti jadi koruptor.

2. Sistem Kebut Semalam (SKS). Banyak di antara generasi-generasi kita yang memiliki pola belajar buruk. Ini yang membuat bangsa kita kalah di bidang pendidikan. Pola belajar yang jelek yaitu melahap semua materi dalam waktu sekejap. Bisa dalam hitungan hari atau bahkan semalam. Dalam kalangan mahasiswa dikenal istilah SKS yaitu kependekan dari Sistem Kebut Semalam. Artinya, semua materi ujian digeder semalam suntuk. Ingat, otak kita memiliki stamina yang terbatas sehingga pemaksaan seperti disebutkan tadi hanya akan membuat otak menjadi lelah. Alih-alih materi bisa dikuasai. Jadi, kalau mau menguasai materi, ada baiknya mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya. Bisa saja satu tahun sebelumnya. Mengingat tes CPNS telah menjadi rutinitas, maka ada baiknya dari sekarang juga belajar soal dan materi yang relevan.

3. Datang ngaret. Apapun alasannya, datanglah setidaknya 30 menit sebelum jadual tes dilaksanakan. Jangan mencari-cari alasan untuk datang telat. Kesempatan belum tentu datang dua kali. Datang diawal waktu akan menyiapkan diri lebih siap secara emosional karna peserta bisa beristirahat sejenak menjelang ujian dilaknakan. Ini adalah keunggulan pertama. Menenangkan diri. Selain itu, datang lebih awal membuat penyesuaian diri terhadap tempat baru menjadi lebih baik sehingga bisa mempelajari situasi lebih jernih.

4. Peralatan tidak lengkap. Banyak peserta CPNS yang mengandalkan temannya bahkan untuk hal-hal kecil. Misalnya pengahapus atau serutan pensil. Komunikasi yang terjadi kecil meminjam peralatan ini dapat mengganggu atau merepotkan peserta lain. Belum lagi waktu yang terbuang sia-sia. Untuk itu, persiapkan diri lebih baik terutama alat-alat tulis seperti pensil 2b, ballpoint, penghapus, serutan, penggaris, alas tulis, tipex. Jika perlu, untuk pensil dan ballpoint sediakan masing-masing 3 buah yang siap pakai.

5. Mengerjakan soal terlalu cepat. Semudah apapun soal yang dihadapi, kerjakan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa. Jika memungkinkan, hitunglah dulu antara lama waktu yang disediakan dan banyaknya jumlah soal sehingga bisa memperkirakan kecepatan ideal untuk mengerjakan satu soal. Jika sudah selesai tetapi masih tersisa banyak waktu, lakukan evaluasi lagi terhadap jawaban-jawaban yang sudah dikerjakan. Teliti lagi. Biasanya ada beberapa soal yang saling berhubungan. Tidak ada salahnya jika soal-soal ini dibaca lagi untuk menemukan jawaban yang paling tepat.

6. Terpaku pada satu soal. Biasanya, perhitungan waktu untuk mengerjakan satu soal adalah satu menit. Paling lama 3 menit. Jika sebuah soal dalam hitungan kira-kira 10 detik belum bisa ditemukan arah jawabannya, sebaiknya tinggalkan. Kerjakan yang soal berikutnya, terutama yang paling mudah. Ini penting untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Jangan sampai waktu yang disediakan habis hanya untuk beberapa soal yang belum tentu diketahui secara tepat jawabannya. Udah waktu habis, salah pula.

7. Membiarkan jawaban kosong. Berbeda dengan tes masuk perguruan tinggi negeri. Tes CPNS tidak menggunakan sistem jawaban yang salah menjadi minus. Sehingga, jangan sekali-kali meninggalkan jawaban kosong. Pertanyaan yang sulit memang sebaiknya dikerjakan diakhir, namun jika tidak keburu karna waktunya habis, sebaiknya ditebak saja. Asal jawab lebih baik daripada lembar jawaban kosong.

8. Tidak mau tahu lembaga apa yang dilamar. Ada banyak intitusi pemerintah dengan fungsinya masing-masing. Carilah tahu tentang institusi-institusi yang dilamar. Ini penting, terutama untuk menyiapkan bahan/materi ujian yang berkaitan. Misalnya, jika yang dilamar intitusi pemkot, siapkan bahan ujian berkaitan dengan ilmu pemerintahan kota, hukum, politik, atau perturan-peraturan terkait. Jika institusi yang dilamar adalah pendidikan, baca lagi materi-materi berkaitan dengan ilmu-ilmu kependidikan. Begitu seterusnya. Materi ujian biasanya justru lebih banyak menyentuh ilmu-ilmu dasar. Jadi, perbanyaklah baca buku-buku pengantar. Mengetahui institusi pemerintah ini penting juga untuk persiapan nanti jika ada tes wawancara.

9. Langsung meninggalkan lokasi. Peserta yang lelah setelah tes, biasanya ingin segera pergi meninggalkan lokasi. Sebelum pergi, pastkan dulu bahwa jadual proses berikutnya sudah diketahui seperti pengumuman hasil tes atau kapan tes lanjutan dilaksanakan. Jika kurang jelas, sebaiknya tanyakan langsung ke panitia daripada terlambat mengetahui yang berakibat fatal yaitu gugurnya status peserta.

10. Lupa berdoa usai tes. Doa adalah senjata orang beriman. Berdoalah ketika akan atau selesai melakukan tes. Doa ini penting bukan saja untuk meminta diluluskan, lebih dari itu adalah mendapatkan pahalah, barakah, dan pekerjaan yang memang terbaik buat kita. Jangan sampai lulus CPNS, jadi pegawai negeri, eee…. malah korupsi. Ini namanya nggak berkah!!

@@@@@—————-@@@@@

39 Tanggapan

  1. keren mas….
    pasti berguna buat banyak orang

  2. thanks 4 tipsnya

  3. Thanks, aku juga ikutan nihh,,, buat pengalaman, tadinya kirain sistem penilaian kaya umptn alias salah minus, nggak taunya nggak ya…
    Yang harus paling diperhatikan point pertama baris terakhir😛

  4. Ass….
    Cukup berguna bagi kita yang belum pernah mengikuti tes CPNS…

  5. Mmm… Benar juga ya. Mulai sekarang saya belajar deh……….
    Trims……

  6. Sip. Bagus banget nih🙂 Mohon doanya…. tanggal 10 nanti ada tes cpns BPK.

  7. Mas ijin copy ya….

  8. ok mas.
    bener banget, sangat berguna banget nih,
    pertamax…..

  9. […] ADA 10 KESALAHAN PESERTA TES CPNS Ditulis pada Desember 4, 2008 oleh vandha Disunting dari ZazuliDesember 3, […]

  10. bolehlah peringatannya nih

  11. di contek ya boss tips’a ini…

    thks

  12. Ada benarnya juga mas,apalagi yang point 2 tuh he3x…SKS (sistem kebut sejam) pagi mo tes baru deh tanya jawab ma teman yang sama sama ikut tes wkwkwk….kesian banget yah🙂

  13. wah tips ny ok punya. doa restunya buat tgl 14 cpnsd balikpapan

  14. yup biasnya emang suka seperti itu,…😀

  15. nice tips….

    kunjugin web ku yah..
    http://www.zthinkz.com –> nonton tv indonesia live streaming (favorite)
    http://www.zthinkz.info –> my blog (come and comments)

  16. matur nuwun gih mas…

  17. Barangkali perlu ditambah dengan beberapa kesalahan panitia atau pihak terkait: membocorkan soal, atau meluluskan orang terdekat

  18. wah, untung saya tidak ikut tes CPNS..

  19. wah ada benernya juga, sepertinya itu sebagai pengalaman pribadi ya???

  20. Wah … nice blog

    OOT:
    dicari distributor DVD BSE DIKNAS 412 buku+Bonus
    SMS 08997821124
    http://www.bse-goodank.co.cc
    http://www.goodank.co.cc — BSE DIKNAS

  21. wah kalo aku dah kalah sebelum perang..

    baru sidang skripsi 1 nov lalu.
    cepet-cepet ngurus persyaratan Surat Keterangan Lulus Sementara.

    eeh oleh tim cpnsd gak dilolosin..
    hiks,,
    sedihnya minta ampun

  22. […] KESALAHAN PESERTA TES CPNS Anda saya arahkan untuk membuka website https://toindonesia.wordpress.com karena saya tidak sempat membuat artikel mengenai […]

  23. 10 yang bermanfaat, Insya Allah nanti aku laksanakan, bukan dicoba lagi pas ujian PNS. Do’akan aku:mrgreen: :LOL:

  24. Trims, ini penting utk dibaca bagi yg minat jadi abdi negara. Kalo sdh tdk melakukan 10 ksalahan ini bukan berarti otomatis akan lulus & jadi CPNS. Yg penting ikhtiarnya sdh Ok.
    Kunjungi juga blog saya yg lain:
    http://alhiko.blogspot.com atau http://pbm-alhiko.blogspot.com
    dan http://iapky.wordpress.com

  25. semoga tips anda berikan ini bermanfaat bagi saya

  26. Terima kasih atas tipsnya, semoga bermanfaat

  27. Waw thx infonya mas en salam kenal he4….
    Oya, info ni bermanfaat banget trutama bagi ts sy yg lage pada kebelet nyari PNS, boleh sy suarkan yow….thx

  28. Trima kasih atas tipsnya. Karena aku sudah jadi PNS ijinkanlah aku ikut mempromosikan tulisan anda ini kepada yang lain. Semoga bermanfaat untuk orang banyak. OK ?

  29. Assalam.
    Wah, infonya menarik dan bermanfaat sekali. Jadi pengen cepet-cepet lulus kuliah. Pengen nyoba, kayak gimana seh tes CPNS itu. Thanx.
    Wasalam.

  30. Makasi tipsnya…. aku mo kasi ke temenku…. Sayang baru kubaca… hari ini dia tes di Jogja. Temanku ini sangat ulet deh. Udah berkali-kali ikut CPNS, sekalipun berkali-kali gagal, tapi dia pantang menyerah. Jadi pasti tulisan Mas Zazuli akan sangat bermanfaat buat dia. Tolong dukung dia dalam doa ya………….

  31. Tulisan yang sangat membantu rekan-rekan yg mencoba menjadi PNS…semoga saja tahun ini rekruitmen CPNS bisa berjalan dengan fair.
    Saya seorang PNS baru di sebuah departemen yang sekarang lagi diributin berkaitan dg SKB 4 menteri itu. Dari 100 org yg diterima, lebih 50% lolos lewat “jalur pintas”.Ketahuan pada saat diklat prajabatan bahwa Si A anaknya Si Ini…Si B anaknya Si Itu…dst. Sebagian dari 50% tsb ngaku sendiri pake biaya sekian puluh jeti buat masuk. Setelah bekerja sampai sekarang, sebagian mereka memang qualified sebagai calon birokrat yang suka duit dan jabatan, main-main proyek, menjilat pejabat, dsb. Dan mereka sangat bangga dengan “prestasi” itu. Cukup membuat prihatin karena pada saat rekruitmen dari pihak panitia penerimaan menjamin 100% murni tanpa KKN ato duit (meskipun jika masuk tanpa KKN ato duit tidak menjamin si PNS akan “berprestasi” seperti mereka). Paling tidak jika kita masuk secara fair, kita punya kebanggan bahwa sejatinya kita yang lolos dari lubang jarum adalah yang murni dipilih oleh negara untuk mengemban tugas negara tentunya, bukan untuk menggerogoti uang rakyat.

  32. semoga tidak ada kkn ya…klo pun ada semoga cepat dibalas….dan kenapa sich pengumuman hasil tes adm nya molor…niat ga sich…

  33. tips yang terakhir bagus bgt … kayanya banyak orang yang lupa dengan nomor terakhir itu

  34. makasih infonya pak

  35. Thanks . .

  36. Untk sistem penilain kirain sistem plus minus…, tanks info nya🙂

  37. Thanks
    moga benar seperti ditulis di atas!

  38. Dengan bermodalkan semangat tuk jadi pegawai negri dan selama ikut tes cpns istri saya keinginanya kuat,tapi yang lebih kuat lagi yang ada DANANYA dan ada orang DALAMNYA itulah kota PANDEGLANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: