KELEMAHAN LAPTOP COMPAQ PRESARIO C765-TU

 

Compq C765

Compq C765

Selama ini, Compaq (hp) dikenal hanya mengeluarkan laptop mahal. Maka suatu kejutan luarbiasa ketika saya melihat-lihat di Bandung Electronic Center (BEC) Compaq mengeluarkan produk dengan harga 5,35 juta dengan desain yang benar-benar baru. Selain itu, sebelumnya saya kurang tertarik dengan Compaq karena pengalaman saya dan beberapa teman di mana Laptop Compaq memiliki kerusakan di bagian USB serta spesifikasi yang lebih rendah dibanding merk lain dengan harga yang sama.

 

Spesifikasi Compaq saya standar aja yaitu pentium Celeron 2.0Ghz,Memori 1Gb, Hdd 120Gb,DVD-RW,Wifi,LAN,usb,modem,dan tv-out. Tidak ada slot untuk PCMPCI.

compa c765-tu

compa c765-tu

 

 

Penilaianku, secara keseluruhan bagus. Saya menggunakan Windows XP. Belum coba pake Linux. Kinerja cepat meski ini tergantung dengan efesiensi dalam manajemen data serta jumlah memori. Terutama speaker yang menggunakan Altec Lansing sehingga menimbulkan suara yang oke banget.

Puaskah? Jujur saya tidak puas. Membandingkan dengan Acer (sebelumnya saya menggunaka Acer pentium Celeron), Compaq c765TU ini memiliki beberapa kelemahan. 

Pertama. Dia tidak menyertakan CD driver. Hanya CD manual. Juga CD program yang katakanlah khas untuk menjalankan fungsi-fungsi di Compaq seperti on/off wifi.

Kedua. Ketika memasang headphone atau speaker eksternal pada output audio, ternyata speaker laptop tetap bersuara. Wah, apa gunanya pake headphone? Emang sih jadi kayak surround, tapi kan lagi gak butuh. Saya belum konsultasi dengan pihak dealer, tapi menurut pendapat saya seharusnya ini bisa otomatis mati seperti dulu ketika saya pake Acer.

Ketiga. audio yang keluar dari speaker akan pecah setelah kita berpindah dari mode standby ke normal. Kalau beruntung, hal ini akan terjadi hanya beberapa menit. Kalau tidak, restartlah laptop. Setelah itu akan normal. Aneh, kan?

Keempat. Buat jari saya, landasan untuk mengendalikan kursor terlalu lengket ditangan. Tidak nyaman.

Kelima. Respon wifinya lambat sekali. Juga tombol on/off sulit untuk difungsikan. Agar tidak memperlambat login ke Windows, sebaiknya Wifi/Wireless Lan di disable aja jika belum digunakan. 

Kesimpulan, selain kinerja yang tidak hebat-hebat amat tapi desainnya oke punya. Tapi terus-terang, kelemahannya cukup mengganggu. Jadi, saya ada rencana menjualnya lagi.

70 Tanggapan

  1. sampai sekarang compaq punya kawanku bermasalah pada suaranya, kayak yg mas bilang di nomor Ketiga itu, pecah suaranya, saya sudah utak atik, restart restirt, nggak sembuh juga

    aneh

  2. COmpaq saya bagus tidak ada masalah. pokokna compaq oke banget.

  3. Wah, mbak fifi. aku yakin banget, seri laptop mbak pasti bukan C765. tp yg harganya 12 jutaan ya. kalau itu sih percaya aja… hehehehehe….

  4. wah jadi deg-degan nie..2 minggu lalu ru dikasih ortu laptop seri yang di bicarakan diatas ntu??ya,,aga’ kawatir ngerwatnya lau di sorot kyk gt!! tp aq orangnya alusan segala sesuatu yang q punya lum pernah kejadian ada masalah, mungkin semua itu tergantung dari orangnya yang megang kali ya…yang q tw compaq tu bagus dech q dukung pendapatnya mbak fifi. mudahan pendapat yang jelek-jelek itu tidak terjadi pada compaq aq hi..hi..
    aq kudu semangat terus memilikinya…

  5. coba sdr wan memposisikan komputer pada posisi standby. stlah itu nyalain lagi dan masuk ke window langsung tnpa restart. liat apa yg terjadi. apakah suaranya masih bagus?
    skrg coba juga mnggnakan headphone. apakah speaker bisa off shgga suara tidak keluar selain melalui headphone?
    kalau komputer Wan trnyata bisa, mngkin saya lagi sial. dpt produk cacat.

  6. coba pakai windows vista pasti tidak masalah. soalnya compaq tipe c700 series itu di desain untuk menggunakan windows vista bukan windows xp. coba cari software audio untuk windows xp di web resmi compaq. soalnya yang di sediakan hanya software audio untuk vista

  7. Ada yg tahu gak kekurangan dan kelebihan IBM T42 ?Kemarin aku ditawarin punya temenku…kirim ke emailku andryhisyam@gmail.com

  8. Bener bro, laptopku juga C765-TU. kasusnya sama, begitu earphone dipasang, speaker laptop tetep bunyi. ada yang tahu solusinya gak?

  9. coba dipake windows vista, karena compaq recommendnya begitu.. gw pake vista di compaq c765 ini gak ada masalah sama sekali.. overall bagus sesuai lah dengan harganya..

  10. Ada yang punya pengalaman dak laptop tidak ada tampilan tp power nyala. Kondisi RAM ok. Apa biosnya yg rusak? Tolong masukannya jika ada yg punya pengalaman yg sama.

  11. coba pke ajah vista
    hardware c765 tu ckup oke kuq
    walaupun drivernya ga komplit, tapi di site dah banyak kuq
    slamt mencoba di vista ya!!!
    met merayakan idul adha dan hari natal
    (085735083452)
    lam kenal dari angga , ank jatim

  12. waduh…!!
    jd bingung…
    aq punya rencana pngen beli compaq!!
    tlong info nya dunk…
    laptop ap yg bagus dengan buget 7jt an !!
    pse…ryan_media@yahoo.com

  13. Hemmm… jadi telat isi comment…. sya pke compaq seri ini dah ampir mo 1 thun.. tp tetep nyaman koq…

    emang bener sih klo pke headset, suara jg keluar tp skrang dah g kluar lagi solusinya download aja driver software nya di situs compaq nya atw d 4shared.com aj ??! d jamin 100% jalan !! wkwkwk…

    sya pke laptop ini double os : Vista ma Xp… pertama sih pke vista g kluar aero ny, tp pas dah download driver grafisny g msalah koq..

    Hendriyana – Bandung (hendr1_z21@yahoo.com)

    • koreksi, mslah di atas memang sering muncul untuk driver-driver tertentu. yg paling parah adalah driver compaq tidak mudah didapat bahkan di web resminya sekalipun. udah gitu, mengintall drivernya jg sangat reseh dibandingkan misalnya dengan acer (penulis dulu pernah pake acer) yg tinggal install dan next, next, next…. ini akan sngat terasa kalo kita harus menginstall windows dari awal. gak kebayang deh kalo yg menginstall konsumen awam IT.
      dan compaq kalau di install xp, setting harddisk SATA di biosnya harus disabled dulu. kalo gak, ya ga kebaca harddisknya.
      buat yg tinggal make krna sudah di install windows atau yg make vista memang tidak bermslah. tapi buat yang harus menginstall windows (terutama XP) krna kinerja yg sudah lelet… selamat membanting tulang karena compaq adalah laptop dengan gelar PALING RESEH SEDUNIA!!

  14. salam all, agak keluar thread sih tapi aku jg ngalamin hal yang sama ketika colok headset ke jacknya tetep muncul suara di speaker laptop, jadi 2″nya nyala..kan ngeselin?!
    btw compaq seri ini pake realtek bukan ya?
    krn joybook S41 ku juga pake realtek. biasanya di sound manager ada pengaturnya di Tab Audio I/O untuk atur ketika kita colokin jack, kita mau speaker laptop mute/unmute..
    tapi kasus nya di S41 ku ga ada pilihan itu, aku liatnya di Acer baru ada..tolong pencerahannya, kmungkinan registry ada yang corrupt, krn udah coba update driver tetep aja!!
    mohon bantuannya ya all.. thanks before

  15. gan,apa aj se keunggulan n kelemahan dari compaq presario seri cq40-300TU?? bgus g bwt game n nyala lama?

    • untuk compaq seri itu belum tau,tp ak saranin merk lain deh… misalnya hp,dell,acer,nec,sony. kalo saya dah black list compaq dan keturunannya. kapok.
      Kelemahan lain adalah layar yang mudah bengkak-bengkak. jadi kalo laptop disimpan di dlm tas, sisi laptop yg bawah tertekan sehingga mengakibatkan bengkak warna semu merah pada layar. bengkak ini bisa brpindah-pindah sesuai bagian mana yg tertekan ke bawah. Sialnya, kan leptop memang di desain utk dibawa-bawa. mobile gitu lho.
      Ini juga mengganggu bnget buat yg memntingkan warna.
      Menyebalkan deh setiap hari hrus melihat laptop compaq ku bengkak…..

  16. aduh,,, gimana dunk? Q rencana mau beli compaq ne… tapi koq banyak yang komplain…

    kasih saran dunk guys

    • sebenere tinggal individunyaaza?nyatannya q pakek compak yo fain2 aza n dh 1,5Thn ya baik2 aza?semua tu tgl caranya n perawatannya

  17. kesan nya laptop compaq jelek banget y bro –‘

  18. misi mau tanya compaq itu kan ya produk nya HP ?
    saya jadi bingung….@_@

    menurut ak sih designya ngga jelek2 amat untuk HP compaq40,keliatan barang mahal juga….

    nah sekarang ak tanya nih kl Acer4736z sama HP CQ40-300TU itu bagus mana ?

    oiya saya search di google ato di site nya HP indo kok ngga ada ya produk HP CQ40-300TU ada nya mulai dari 301TU..
    ada yang bisa bantu…

    Thanks

    • betul. dia satu group usaha.
      awalnya ak juga kepincut desainnya. tp stlah ngerasain make, wah kecewa berat.
      stopkontak powernya longgar. ke senggol dikit, mati deh listriknya.
      tidak ada cd driver. trtama kalo yg versi ga pake windows. udah gitu, ngintall drivernya, utk org awam, wah… bakalan bingung tuh. ribet.
      kalo yg normal mah, install tinggal setup,next,next,next, finish.
      ini mah…. gak gitu. coba aja tanya yg pernah nginstall driver di compaq ato hp.

  19. dsffsdfdsfdsfsfds
    fdsfdsfdsfdsfdsfds
    oke blognya…

    • wah……senasib deh sama aku.
      nyebelin banget tuh…colokan power listriknya.longgaaaaaaaar………

  20. ada yg mau jual motor BSA gak..? thn 50 kebawah..??

  21. kalau aq sih pernah punya pengalaman pernah pake cq 40 dvd rw nya rusak pas aku bawa ke service center padahal garansi masih berlaku tapi aq dikenakan uang untuk perbaikan wah gmana hp ini ylong dong perhatikan konsumennya

  22. salah tuh yang bilang compaq gk bagus…

  23. aq lagi bingung ni, aq mau beli laptop, tapi bingung mw bli yang type ap….
    masih buta mengenai type2 laptop…
    kasih pandangan dunk….

    • beli apa saja asal jangan COMPAQ/HP.
      yg lokal juga bagus kok….

    • belilah sesuai kebutuhan. kalo cuma digunakan untuk Office belilah yg level low saja. gak perlu mahal2 dan bermerek terkenal. kalo untuk aplikasi TI / sofware berat maka belilah yg mahal di atas 12 jutaan.

  24. aduh aku jg nih baru sebulan br beli usb malfungsi, webcam diperbaiki blm selesai compaq presario 40 532tu wah kacau mana mau dipake

  25. yah tu dah diperpaiki pihak produsen y?
    tetapi sekarang sulit untuk menginstal ulang, a harus datang ketoko yang menjual laptop compaq jika menginstal,,,

  26. waduuuh….aq juga rencananya mo bli compag/Hp..
    eeeeeeh udah ada rumor yg gak nyenengin gini ..jadi bingung .
    mo bli yg acer katanya acer juga banyak trouble nya.jadi bingung nech,,,

  27. kalau laptop toshiba gmn? memuaskan gak qualitasnya? gw soalnya juga mau beli laptop nih, tp masih bingung mau beli yang merk apa, anggaran gw 6–8 jt aja, kalau bisa yang udah core 2 duo, mau gw pake kerja, tolong masukannya ya temen2…spy gw gak nyesel.

  28. wah ternyata compaq jeleg ia…
    dell,compaq,axioo bgus mana ia?
    saran dunk…

  29. Wah jd bingung nih mau beli laptop merk apa ya…? Koq koment nya ttg hp/compaq byk kelemahannya, pdhal aku mau beli hp compaq CQ 510 98PA (New). Ada y bs ksh saran…??

    • acer juga cukup bagus kok…axioo mulai menanjak pamornya, tp baru netbooknya sih..
      kalau acer, cukup enak dipake. punya duit banyak, beli aja mac.

    • saranku sih, jangan pake compaq. install driver nya rumit dan belum tentu disertai CD driver.

  30. salah tuh yg bilang compac jlek…

    saya bli compac harga 4 jta..
    tpi bagus.
    sound gag ada msalah sama skali…make output audio jga gag masalah …suaranya hanya keluar dari spekar output…

    pokonya compac is the best..

  31. You guys should try Apple. Is the best. I mean i don’t just say it cause it’s new.
    Is user friendly and has lots of features. I am currently using macbook OS X Version 10.5. Without doubt microsoft has been round for sometime. But it’s the 21 century and Apple has the new technology.

  32. saya pake compaq510 sampe sekarang puas aja makenya tuh! ga ada maslah tapi ada juga temen beli compaq cq40 baru enam bulan carger ama layar lcd nya udah bermasalah trus ada juga baru beli acer timeline eh udah bermasalah dg batreenya……kayaknya beli laptop juga nasib2 tuh

  33. waduh ada yg pro dan kontra..mungkin yg kontra pas dapet produk gagal kali..??

  34. ada yg tau nggak kelemahan presario cq41-211TU soalnya aq nggak ngerti tng ya bro

  35. mau nanya juga dong ….kalo laptop merk ADVAN GD-43S bagaimana??? bagus nggak ya…

  36. wah.. klo toshiba jangan deh..
    aku pernah beli toshina m200, setelah 4tahun pemakaian, akhirnya mainboardnya rusak, kalau mau ganti mobo di service center toshiba dengan nilai 5juta.. setara dengan harga beli laptop baru.. kapok deh pke toshiba…
    pke yang merk biasa aja, kalau ada kerusakan, harga service dan segala macam, ngga semahal dengan laptop yang merk oke…

  37. tgl 15 januari saya beli CQ41-110AU 29 januari tiba2 Disk D nya hilang entah kemana saya bawa ke service centere nya dia bilang tdk rusak. saya install kembali pakai win7 baguslah dia.e…..3hari kemudian Hank tanpa sebab.lalu saya format Hardisk/cek bagus tetapi kenapa tidak bisa di instal dengan menggunakan win XP / 7….? hanya bisa menggunakan OS Linuq.- ( tidak bermasalah sama sekali ). padahal tu laptop untuk anak saya yang biasa menggunakan Windows.tolong siapa yang tau permasalahan ini.Terimakasih.Saya kecewa dengan Service Centere HP/Compaq dan Laptop nya. Saya pakai Byon aja tidak pernah bermasalah.

  38. mau tnya….kalo
    Presario CQ 41-110AU
    AMD turion II M500
    (2.20Ghz 1MB L2 Cache)
    2GB DDR2 SDRAM
    250 GB SATA(5400RPM)
    DVD-RW LIGHT Scribe
    14.1 WXGA Bright View
    ATI Radeon HD 4200
    Up to 384MB Shared
    802.12b/g,10/100
    Hight Speed 56K
    3 USB 2.0,Compaq Webcam
    5-in-1 Card Reader
    DOS

    Aku mau tnay…
    apakah COMPAQ ni suport bwt UBUNTU…
    WI-Finya suport gak?
    tolong jelasin yach?
    kekurangan n kelebihannya?

    • belum tau persis kelemahannya apa.
      tp brdsarkan pengalaman, compaq susah di bag. penginstallan driver. ribet banget. apalagi yg kosongan tanpa OS.
      pengalman sy, ada aja sih trouble di COMPAQ. kalo gak monitor, port USB, atau yg lain. udah gitu pasti lebih mahal dibanding merk lain yg setaraf.
      oya, Compaq yg tanpa Operating System (OS/windows), biasanya tidak disertai CD driver. jdi harus hunting sendiri.

  39. saya mau tanya apakah laptop pantas di buat program multimedia ?

  40. wah,,wah,,wah,,,saya pake cq42-207TU normal2 aja tuh,,iya sih kecewanya ga dapet cd drivernya,,tapi kalo pake headset fine ajah ko ga ada yang keluar dari speaker,,,Compaq keren deh

  41. ada yg tau kelebihan dan kekurangan acer aspire 4745G tidak ya….?,

  42. aq pake compaq CQ40-401AU, alhamdulillah dr april 2009 ampe skrg td ada mslh yg berarti. kecuali kemarin waktu mau upgrade memory, ternyata slot memorynya gak kebaca satu. jd gw cuma bisa make 1 slot memory.

  43. Sekarang compaq OK kuk,,,

  44. apanya yang oke??? saya belinya bru kemaren eh baru di pake main facebook, abis ituh jadi lalod saat buka folder. pemutar fidionya gak jalan, main game gak bisa. antivirus smadaf dah ngak bisa di fungsikan hufhhh seballlll

  45. compaq saya takut rusak jadinya!

  46. Aq punya rencana beli laptop COMPAQ yg harganya dibawah 3jt an , tolong di britahu ya solusinya?

  47. Laptop compaq dibawah 3jt an?

  48. duh jadi bingung rencananya mau beli compaq kira2 laptop apa ya yg bagus tuk dibeli,klo mo ksh saran dijarmi_unipa@yahoo.co.id

  49. compaq saya kok aneh, katanya harus update genuine windows gara2 windows palsu….T.T

  50. bohong tuh.laptop compaq q pas di instal ulang ma w.7 gag ribet.
    .langsung jdgag sah ribet.
    .dan gag perlu nyari driver2nya lagi..seperti mbak dan mas2 bilang!

  51. laptop saya compaq CQ42 i
    processor intel core i5
    RAM 2GB
    HARDIKS 297.7

    tp kq wktu d pkai ngenet pkai batrei kq laptopx jd lambat yaa…
    kmudian jalan pintas lwt keyboar tdak aktif contohny pada wkt mematiakn saya pkai alt+f4 tp tdak brfungsi,trz laptop cpt panas,…

  52. tolong bantuanya para master
    saya punya laptop compaq cq41-110au
    masalahnya semua lampu indikator berkedip dan layar LCD tidak menyala
    tolong ppengarahaanya

  53. aku pake cq42-263tu ga da masalah… ada gak yang tau kelemahannya

Tinggalkan Balasan

