EFEK NEGATIF SEBUH LAPTOP YANG TAK TERAWAT

Laptop telah menjadi gadget penting saat ini. Untuk itu, merawatnya dan menggunakannya secara benar adalah kemutlakan. Bolehlah kita merasa punya uang banyak dan merasa selalu siap untuk menyervicenya ditempat yang paling baik. Tapi ingat, ketika laptop ngadat, akan muncul efek domino dari pekerjaan kita. Efek itu antara lain adalah :
– Tertutupnya akses data sehingga kita kesulitan melanjutkan atau membuat print pekerjaan yang lalu.
– Waktu yang terbuang yaitu saat di mana kita baru sadar laptop mulai ngadat maka biasanya kita akan panik, maklum semua pekerjaan disiimpan di sana.
– Ngadatnya sebuah laptop berarti terjadinya penundaan pekerjaan. Entah itu sehari dua hari atau bahkan mungkin sebulan. Tergantung tingkat kerusakannya. Bayangkan jika saat itu kita sedang menangani proyek milyaran rupiah. Penundaan seharipun rasanya seperti di jemur di neraka, kan?
Untuk mencegah efek negatif di atas, maka perlakukanlah sebuah laptop dengan penuh kasih sayang dan rasa hormat. Bukannya maksud penulis mengajak menyakralkan laptop, tapi menyanyanginya dalam bentuk kasih sayang akan memberikan banyak kebaikan untuk pemakainya. Minimal ketika rusak, tidak akan parah-parah amat.
Di bawah ini adalah tindakan yang penting untuk laptop kita :

1. Pertama kali membeli laptop, yang mutlak kita lakukan adalah membeli aksesoris yaitu sebuah pelindung monitor. Kenapa? Karna monitor jika kotor susah ngebersiinnya dan pemakai laptop sering lupa ngebersihiin monitor. Selain itu, monitor jika terlalu sering digosok, secara tidak sengaja bisa lecet dan kalau tidak sengaja kena cairan apapun itu seperti alkohol dan minyak bekas gorengan, wah berabe. Bisa-bisa bekasnya tidak hilang. Apalagi kalau kena lecet. Untuk itu, belilah sebuah pelindung layar monitor. Cuma 60ribu.
2. Setelah itu, upayakan membeli sebuah pelindung keyboard. Ini penting untuk melindungi komponen laptop dari debu dan benda-benda cair yang tidak sengaja masuk. Terutama jika tangan kita basah baik karna berkeringat, habis wudhu, atau cuci tangan. Dan, selalu saja ada kecelakaan yang tidak diharapkan seperti cipratan air dari orang sekitar kita yang tersandung/tersenggol ketika membawa gelas atau tetesan gerimis di tempat terbuka.
3. Jangan menyimpan laptop di dalam tas dalam keadaan standby karna tombolnya sangat sensitif sehingga goncangan dan tekanan akan membuat laptop bisa tiba-tiba on. Kalau sudah begini maka laptop akan bekerja sendiri dalam keadaan diruangan tertutup. Akibatnya, panasnya meninggi.
4. Jangan meletakan makanan atau minuman didekat laptop dengan radius kurang dari 40cm. Ingat, selalu ada kecelakaan di tempat makan. Tumpahan makanan dan minuman adalah musuh dalam selimut bagi laptop. Komponen elektronik sangat mudah rusak karna sentuhan makanan maupun minuman.
5. Jangan membawa benda apapun melalui atas laptop. Ingat semboyan ini “SELALU ADA KECELAKAAN DI SEKITAR KITA”. Maka, jika kecelakaan terjadi, apapun itu akan menimpa laptop kita. Akibatnya, jika tertimpa benda cair, laptop akan terserang arus pendek alias konsleting. Jika benda lunak, laptop akan kotor. Dan jika tertimpa benda keras, laptop akan tergores bahkan mungkin saja ada bagian yang patah. Sial, kan?
6. Perhatikan tempat pembuangan panas, jangan meletakan laptop ditempat yang menghalangi tempat keluarnya panas. Biasanya, laptop akan bekerja sangat keras jika sedang memutar cakram dvd/cd. Ini pekerjaan paling berat buat laptop sehingga menimbulkan panas yang agak berlebih. Namun, dalam keadaan apapun, letakan laptop di tempat yang memudahkan ia membuang panas. Hindari tempat-tempat yang empuk seperti kasur, shofa, karpet, dan lain-lain. Karna cukup empuk, tempat-tempat ini akan membuat laptop agak tenggelam sehingga menutup lobang-lobang pembuangan panas.
Jadi, hormatilah laptop kita.
(ditulis oleh Zazuli, maniak dunia digital untuk http://www.toindonesia.wordpress.com )

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: