PENDIDIKAN INDONESIA DAN BUKU PENDIDIKANNYA I KI HADJAR DEWANTARA

2 Mei lalu kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. 2 Mei dicuplik dari hari kelahiran tokoh pendidikan Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara. Sebenarnya kalau kita bicara pendidikan, Ki Hadjar bukanlah orang pertama yang mempelopori pendidikan karena seperti kita tahu, sudah sejak lama – bahkah sebelum Ki Hadjar lahir – tokoh masyarakat yang mumpuni ilmu keislamannya membentuk komunitas-komunitas pendidikan di desa atau kampung yang kita kenal dengan pesantren dan saat ini banyak yang masih eksis.

Namun harus diakui juga bahwa Ki Hadjar telah memberikan terobosan fenomenal dalam konsep pendidikan untuk rakyat Indonesia yang saat itu terbelah antara pendidikan Belanda yang condong pada sekuler dan hal-hal yang berbau kebendaan dengan pesantren yang hanya belajar ‘ilmu langit’ sampai lupa dengan kondisi riil di dunia.

Ok. Di bawah ini adalah sebuah buku yang cukup unik dan langka yang merupakan kumpulan dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Judul Bukunya pendidikan I. Sampai sekarang buku ini belum dicetak ulang. Penulis sudah keliling dibeberapa sentra buku bekas seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, dan Jogja. Buku ini ternyata tidak ditemukan. Dulu pernah dapat waktu World Book Day I di Senayan dan dibeli oleh teman (tapi belum bayar sampai sekarang😦 ) seharga 125ribu. Fuiiihhh….. terlalu murah ternyata.

BUKU PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: