DERITA PENUNGGAK KARTU KREDIT DAN KISAH PARA KOMENTATORNYA

SENIN, 22 SEPTEMBER 2008 | Oleh Erma Dwi Kusumastuti
Apa yang terjadi ketika Anda mulai menunggak utang di kartu kredit?
Menunggak 1-3 bulan
Lembar tagihan akan terus datang dengan bunga yang membuat utang makin membengkak. Telepon dari bagiancollection atau penagihan akan sering berdering di selular, telepon rumah dan kantor Anda. Bersiaplah dengan nada ketus (bahkan kadang kasar) dari para penagih yang bisa membuat Anda sakit hati. Kebanyakan orang memilih tidak mengangkat telepon atau mengatakan pada rekan dan orang di rumah bahwa Anda tidak ada di tempat. Begitu pula jika debt collector datang menagih ke rumah atau kantor. More article KOMPAS DOT COM

130 Tanggapan

  1. Saran pak Zazuli cukup baik bila kita menunggak kartu kredit. Namun pertimbangkanlah hal berikut ini… bila kita menunggak pembayaran tagihan kartu , kita bisa bernegosiasi masalah pembayarannya dan kemungkinan besar kita bisa melunasi nya (asal ada niat melunasi saja). Namun ada satu hal yang sulit untuk dihapus yaitu kita telah tercatat dalam daftar hitam antar bank. Nah kalo udah begini kita ngajuin kredit lain sepert KKB, KPR, atau buka rekening giro bisa sangat sulit .

  2. Komentar mengenai tips yang ke 3 yaitu Penawaran Solusi sudah saya praktekkan namun Pihak Bank (BNI) malah mempersulit yaitu dengan mencicil sesuai dengan kemampuan namun hutang tidak akan pernah habis karena bunganya masih banyak katimbang hutang pokoknya. kita ditekan secara mental tidak ada kesempatan untuk pikir-pikir. Coba konfirmasi di bagian Card Center/Collection Bank BNI Cab. Kedungdoro (Surabaya), Mereka tidak lebih dari renternir/Lintah Darat yang diberi kuasa penuh, kita sudah hub. Phone Banking 031-295.9999 mereka sudah lepas tangan karena semuanya sudah menjadi wewenang Penuh Bagian Collection BNI. Kita serba salah jika kita ikuti Reschule, hutang tidak akan habis(Cicilan 300rb, Bunga 225 ribu+Pokok 75 Ribu), namun jika tidak ikut maka akan bunga berbunga akan bengkak setiap bulannya. Track record selama 3 tahun kita sangat baik limit 4 juta menjadi 20 juta, namun ketika kita di PHK tahun 2007, tahun 2008 kita masih lancar namun tahun 2009 macet solusi yang diberikan ibaratnya buah simalakama.

  3. saya punya 11 kartu kredit dari beberapa bank lokal dan 3 KTA . Kalau diitung-itung ada lebih dari 100 juta. Sejak ekonomi lesu di akhir tahu 2008, itulah kesempatan yg saya gunakan untuk “mengambil sikap keras” untuk tidak lagi membayar semua tagihan dari semua bank. Akibatnya selama 7-8 bulan ke belakang, yg namanya telepon, collector datang ke rumah saya & rumah ORTU (sbg referensi) sangat rajin; kadang dengan suara yg lemah lembut dan sering pula dengan suara yg menggelegar (asal tak melebihi suara halilintar). Bahkan ada juga seorang collector yg datang ke rumah hampir saya gebuki karena tdk sopan dan menantang. Setiap ada konfirmasi via telepon ataupun collector datang, saya selalu katakan: “Rasakan sekarang yaa..! selama ini kalian intimidasi nasabah2 lemah dg cara merampas harta benda dari dlm rumah mereka. Rasakan sekarang, kalian tak akan berhasil intimidasi saya. Sebaiknya kalian gigit jari saja dan berkhayallah tentang sejumlah uang yg seharusnya masuk ke kantong kalian. Selama 7-8 bulan itulah yg mereka lakukan dan itu ju pula yang saya lakukan kepada orang2 bank dan agencynya. Mungkin nasabah yang lagi pusing mau mencobanya…!

    • sippp…anda benar
      saya sangat2 setuju…
      patut ditiru..
      bank kan udah dapat untung banyak..ya udah ngapain kita bayar…
      buat yang lain tiru aja saran ini dijamin berhasil n ga merugikan kita..klao perlu diajak berantem sekalian aja DC nya…

    • maaf saja kalau sekira modal dan notabenenya gak mencukupi biar jadi tabungan saja atau deposito yang akhirnya bebas dari resiko tanpa harus bayar apapun.

    • apa ga ada hukum nya bila kita tak membayar kartu kredit / kta???soalnya sy dpt srt yg meng atas namakan dr kantor pengacara kartu kredit

    • gak bayar kok banga loe patih…….nich penghasilan ndk cukup,pny kk 11…..yg preman bank ap anda patih….yg salah db ap anda patih….kmu blum kena batuny…pasti kmu kn balasany….hukum karma berlaku patih…..

    • saudaraku patih gajah mada, anda jgn terlalu bangga dgn 11 kartu kredit yg bermasalah. kalau anda bisa memiliki sampe 11 kartu kredit harusnya nilai matematika anda 9 di sttb, tp sy yakin sekali kalo nilai matematika anda berarti 4 di sttb. anda telah difasilitasi oleh 11 kartu kredit, tp kepercayaan yg diberikan oleh bank tersebut anda salah dlm menggunakannya. sy yakin kalau kartu kredit tersebut anda gunakan atau anda gesek mulai dari beli sampo sachet,odol,beli permen dan hal hal yg kecil sekali dan mungkin bahkan anda gunakan dana dari kartu kredit tersebut untuk ngeboking psk barang kali, gmana anda bisa mau bayar. utk itu saudaraku patih jgn terlalu cepat menilai salah terhadap bank yg mengeluarkan kartu kredit. anda koreksi dulu kemana anda menggunakan kartu kredit tersebut. jangankan di indonesia, didunia manapun juga yg namanya bank tdk ada yg ingin rugi, kalau bank mempasilitasi kita dgn kartu kredit berarti bank itu memang mau gak mau tetap mengharap ada keuntungan. hanya tergantung kita menggunakan pasilitas tersebut dlm menggunakannya, makanya kalau sy menilai matematika anda nilainya 4 di sttb. kalau anda menganggap deeb collektor perlu di hajar, berarti pendidikan kewarganegaraan anda itu mungkin 2 di sttb. ingat saudaraku patih gajah mada. tdk ada satupun manusia yg tdk ingin hidup nyaman, kalau anda menghasut orang utk menghajar deeb kollektor, berarti sdh ada tersirat di hati anda yg bersifat premanisme. terus terang kalau penilaian sy tentang deeb kollektor adalah pahlawan tampa tanda jasa yg masuk lewat perbankan selagi si deeb kollektor tersebut bukan oknum.atau selagi masih resmi dibawah pengasasan bank. kenapa saya menilai seperti itu….? kita bisa bayangin bila seorang yg macet kartu kreditnya tdk ditagih, bagaimana nanti nasib bank di indonesia….? mampu ga kira kira BI menggerakkan roda perekonomian tampa didukung bank selain BI. utk itu sy harap kepada saudaraku patih gajahmada berhati hatilah dalam mempropokasi orang. koreksi dulu kesalahanmu sdh benar atau blm dlm menggunakan kartu kredit baru kamu berkomentar

      • bung zaka , pakai dc ok, tapi caranya salah…. jgn pake premanisme lagi pula tunggakan kan diasuransi oleh pihak VISA & MASTER, byk org awam yg dibodohi karena persoalan kartu kredit & dc. jgn membawa nilai pendidikan dibidang ekonomi seseorg, mereka tdk mau membayar karena saya yakin mereka jg tdk mampu, saya bertanya jika anda terjerat hutang kartu kredit hingga ratusan juta apa anda sanggup bayar??dan jika di tagih dgn cara Premanisme apa anda senang? pikirkan sekali lagi…..
        kehidupan ekonomi seseorg berbeda Bpk Zakaria Siregar

    • menurut saya :

      yang namanya hutang itu wajib dibayar, klo mrasa pnya hutang trus ngemplang … maaf, itu namanya “maling”..

      bunga=riba=haram, lha nagpain dlu Kartu nya dpke, gk konsisten!!!

      munafik bro tu nama’e . . . .

  4. Mo tanya Kalau bank daerah ngelink ga dengan bank lainnya antar pulau

  5. Maaf solusi itu kurang tepat karena mengajarkan untuk melalaikan kewajiban, padahal yang namanya hutang harus dibayar dan akan dimintai pertanggungjawabannya di dunia dan apalagi diakhirat akan lebih berat.

    • riba nga dosa nga di bayar

    • Jangan munafik…ngapain dibayar….bank dah makan bunga sangat besar, biaya2 administrasi dlllll yang gak kita tahu……lagian kartu kredit khan hanya sarana bank untuk promosi, jadi wajar aja kalo keluar duit……kalo ada DC yang kasar atau mau merampas barang..laporkan aja ke ke kepolisian…biar dihabisin…..

    • Masalah Hutang dengan rentenir Bank itu hukumnya Haram CaK !!

    • Rodi guw gak setuju sama lu, benar klu hutang hrs dibayar tapi dengan siapa dulu klu sama bank dan klu kita memang sedang tdk mampu tdk usah bayar sekalian, apalagi cara tagih yg mereka lakukan kasar..!! Bank mangambil keuntungn dari riba, jgn ngomong dunia akhirat, gwe tau bejatnya perhitungn bank sm dengan lintah darat dan renteniirr….!!

    • pihak bank juga ga di rugikan yg rugi VISA itu juga dia sdh di asuransikan ngapain harus repot coba klw colector nya ga kasar kemungkinan orang mau pada bayar

  6. nga usah di bayar kartu kriditnya kalo pailit, kita pailit bank dapat pengantian dari asuransi….hadapi aja dengan keras…pasti kapok tuh deb colektor2 yg juga senang ngemplang uang bank ,nga percaya…buktikan aja kita sdh buktikan

  7. deb colektor yg kurang ajar itu bukan dari bank tapi orang2 pihak ke 3 yg tdk ada hub dng bank,yg pada cari untung2an membeli file2 ke bank…hajar aja deb kolektor.kalo kolektor resmi bank biasanya sopan…tapi bila 3 bulan nga bisa bayar file2nya dibeli pihak ke tiga…jadi intinya pailit ya tidak usah dibayar..

    • jadi pusing niiihhh…saya jg sdg bermasalah sama cebt collector. masalahnya yg pake uang tuh bkn saya,tapi ayah saya yg memakai alamat saya.mulai dari tlp sampe debt collector datang.saya tau ,ayah saya lagi usaha ,jual tanah yg memang sengaja untuk byr hutang kartu kredit dan keperluan lain,dan mslhnya,beliau tdk bisa dihubungi krn tdk mendpt signal tlp.si debt collector tau,kalo bkn saya dan suami yg tertagih,tapi ngancam2 mau nyulik anak lah,mau bikin malu lah…saya hrs melapor dan minta bantuan kemana yaaa??????ga takut sih,tapi risi juga euy,udah digertak bgt…

  8. asuransi yg tiap bulan kita bayar itu…. apa fungsinya,ya untuk jaga2 kalo kita pailit atau bangkrut atau kematian..LUNAS deh

    • kayaknya hanya kematian saja pakkk . .
      pailit adlh derita qta, kematian bru takdir qta . . . .

      Klo smwa padha gk mau bayar hutang,
      smoga gak ad lagi yang ngutangi…
      coz ajaran’e hutang itu harus dibayar . . .
      janji adlh hutang.

  9. saudara2ku yang sedang terlilit hutang kartu kredit, sebenarnya anda2 tidak perlu menyalahi perbankan.anda harus lihat bagaimana anda menggunakan kartu kredit tsb,saya pribadi adalah pemegang kartu kredit lebih dari 10thn dan sampai saat ini tidak ada masalah tuh?

    sya jg mau menyampaikan bbrp tips untuk menyelesaikan pemasalahn yang saudara2ku hadapi.
    1.gunakan kartu kredit dgan bijak,jgn asal gesek.kebanyakan orang Indonesia beli apa saja semua digesek dengan kartu kredit,sampai sabun mandi pun digesek juga byarnya.ini namanya bukan orang bonafid,tp orang kere yang bergaya dengan kartu kredit!

    2.jangan pernah meniru apa yang dilakukan oleh saudaraku patihgajahmada diatas.yang bangga dengan hutang2nya dikartu kredit yang lebih dari 100jt.itu adalah tipe orang Indonesia kebanyakan,bangga dengan hutangnya dan ketika tidak mampu malah pasang badan menghadapi orang2 bank.ingat toh mas patih,anda harus ingt bahwa mungkin anda bisa hidup sampai saat ini karena tertolong oleh bank2 yang memberikan hutang melalui kartu kreditnya kpd anda.cari penyelesaian yang baik.jgn bangga sama hutang anda,selesaikan baik2.untung bukan sy colektor yang datang kremh anda.kalo saya yg datang sdah pasti anda yang sy gebuki sampai habis krn bikin malu Bangsa Indonesia!jgn sokjagoan,byr hutangnya……

    3 ketika kartu kredit anda sudah macet yang perlu anda lakukan adalah buat surat permohonan keringanan cicilan atau diskon pelunasan kalo anda mempunyai dana lebih.Lampiri dgn fotocopy ktp,copy tagihan dari bank lain jd bank bisa lihat beban tunggakan anda bukan hanya di bank nya saja.datang langsung ke bank yang bersangkutan ke bagian collection departemen.

    4.selesaikan kredit macet anda satu persatu,kalo anda mepunyai lebih dari 1 krtu kredit yng mcet.

    5.kalo ada telp dari bank atau pihak ke3 dari bank hadapi dengan baik2 toh sebagian permasalahan jg anda yang buat.jgn seperti saudara patihgajahmanda diatas,bisa2 anda mati konyol!krn saudara patihgajahmada mungkin belum kena batunya……,bank adalah instansi yng jelas mreka pasti punya solusi yang baik,tggal bagaimana anda melihatnya.

    6.jgn pernah mengandalkan asuransi kartu kredit,kecuali anda memegang bukti polis asuransinya.anda punya polis asuransinya?

    7.hutang adalh sesuatu yng bisa diwariskan,jd walaupun kita mati hutang kita tetap akan ditagih sampai keturunan kita,istri atau anak kita.kalo kita mati belum bisa diktakan hutang kita LUNAS.anda bs pelajari di hukum perdata kita untuk lebih jels masalah ini.

    8.jgn pernah meminta pengacara untuk menyelesaikan permasalhan ini.buat apa kita bayar komisi/fee mereka yg sampai 20%dr tunggakan anda.lebih baik anda gunakan uang tsb untuk DP program reshdule hutang anda di Bank. semua permasalahan kartu kredit ini bisa anda selesaikan sendiri asal mau datang dan bernegosiasi dengan pihak bank.

    SATU LAGI YANG PERLU ANDA INGAT! BANK TIDAK PERNAH MENJUAL HUTANG/KREDITNYA YANG MACET KEPADA PIHAK LAIN.KALAUPUN ADA YANG MENAGIH ANDA DARI SUATU AGENCY PENAGIHAN,PIHAK BANK&PERUSAHAAN AGENCY PENAGIHAN MELAKUKAN KERJASAMA PENAGIHAN DENGAN PERJANJIAN YANG JELAS.MEREKA MERUPAKAN MITRA KERJA,KARENA SEGALA MACAM YANG MENYANGKUT MASALAH KREDIT MACET PENYELESAINNYA TETAP MELALUI PERBANKAN.MISALNYA MASALAH PEMBAYARAN,PROGRAM RESCHEDULE,DAN PENGELUARAN SURAT KETERANGAN LUNAS APABILA ANDA SUDAH MEMBAYAR LUNAS HUTANG2 ANDA.

    BLACK LIST BI SEBENARNYA BISA TERHAPUS KETIKA HUTANG2 ANDA SEMUA SUDAH DILUNASI.

    MAU KONSULTASI?KIRIM EMAIL KE: VOLKRAAD@GMAIL.COM

    • saya juga pengguna kartu kredit. dari beberapa bank bulan ini saya baru terlambat bayar. sebelumnya saya selalu lancar. Saya selalu mendapat telpon dari call center kartu kredit tersebut yang intinya menanyakan kapan bayarnya karena waktunya sudah telat. Saya hanya mengatakan bahwa besok saya bayar. Kondisi keuangan saya bulan ini cukup repot karena banyak pengeluaran sehingga beberapa kartu krdit tersebut telat bayarnya. Memang yang saya rasakan adalah stres, takut, dan selalu tidak pernah mengangkat telpon. saya selalun menangis karena belum bisa bayar. semua aktivitas saya terbengkalai karena memikirkan hal ini. Saya seorang pekerja di kantor swasta. dan saya pernah menanyakan apakah ada program untuk membayar dengan cicilan tetap yang setiap bulannya lebih ringan. Saya tidak ada niatan untuk tidak membayar bahkan inginnya melunasi setelah itu kapok menggunakan kartu kredit lagi. Semua keuangan saya bulan ini lagi bener-bener susah. Saya selalu mohon pada Allah SWT untuk meringankan beban ini karena diri saya yang selalu ketakutan. Mohon kiranya ada jalan atau saran yang dapat membantu saya. saya bingung karena baru bln ini nunggak.

      • nasib mas sama yg menimpa saya, sy benar2 kapoook…KK itu adalah penjahat yg akan membuat kita stresssss

      • saya jg takut kalo ada telp or DC, tapi saya selalu hadapi mrk dg bijak, krn kita di pihak yg salah. Jelaskan permasalahannya, datang ke collection dept jika memang tdk mampu bayar. saya aktif pake KK sebelum bangkrut, stlh bangkrut saya tdk bs bayar krn dlm membeli alat2 utk usaha saya pake KK. selama ini saya tdk pernah dapat DC yg kasar, persilakan mereka masuk dan bicara baik2 mereka mengerti koq, tapi ya tetap saja saya ketakutan kalo ada telp dan memang betul2 beban, skr saya lg dlm proses mengurus KK saya, mudah2 an ada solusi dari bank buat cicil. Saya tau betul rasanya tdk bs bayar, selalu berdebar-debar kalo hp bunyi, tapi ya angkat aja telpnya. kalo kita menghilang justru akan pancing emosi penagih, ok mudah2 an anda2 bisa selesaikan masalah KK dengan baik…

    • maaf mas saya setuju dengan patih gajahmada…..ayo kita bikin bersama GERAKAN ANTI KARTU KREDIT LINTAH DARAT !
      Ada teman yang cuma terlambat 3 x pembayaran……keseluruhan tagihannya langsung meroket dari 30 jutaan berubah menjadi 74 juta.
      EDIAN TENAN !!!
      lintah darat swasta (bank plecit) saja kalah.

    • LU DEBT KOLECTOR YA..!!
      AYO KITA GANYANG DEBT KOLEKTOR..!!
      KALO MAU CARI KERJA YANG BENER AJA MAS..!!

      • gwe dukung mau diapain nih orang (rio).., ngomong maslah hukum perdata..segala..!! gwe GAK PERCAYA HUKUM DI NEGERI INIII>>!! LU JELAS INGAT YAH..!!! Teman gwe hancur rmh tangganya gara2 masalah ini.. jg ada ibunya sampai meninggal dunia karena debt collector .. wlupun gw gk brmslah degn bank..!! basmi debt collector… ma coba2 malah tuh debt collector yang bisa mati konyol digebukin org skampung..!! rakyat susah skrang dan terjepit gak prnah pikir panjang maslh hukum..urusan belakangan yg penting bisa kasih pelajaran tuh debt collectorr …!!!

      • klo gak salah ya pasti gk ad DC yang menghampiri,
        so pay the bill, mana ad DC mencak2,
        klo smwa sesuai aturan,yakni tanggung jawab!!
        tuh lowongan kerja dc juga hapus dr muka bum

    • u point 6,jika sy puny sertifikat asuransiny gmn?? apa asuransi itu bs mengcover smua taghn sy,,,mksh

    • benny ini enak aja nasihati orang.orang kalau punya duit pasti bayar tagihan hutangnnya.gimana kalau usaha bangkrut dan tdk punya income lg.pasti pusing di kejrr2 colektor,dimakimaki,diancam segalanya.uang benny banyak,tdk ada tagihan…jadi ngomongnya enak2 aja.saya doain benny bangkrut biar tau rasanya diteror dan aku mau lihat tindakannya..apa sesuai omongannya jual rmh,jual mobil dan kerja ama orang dgn gaji 1jt/bln.

    • Mas Kalau Utangnya terlalu besar bagaimana ?? Soalnya Hutang untuk Dagang… Terus macet Hampir 1 M padahal mampu bayar paling 10 jt sebulan. Trus enaknya bagaimana ???

      • coba negosiasi sama krediturnya. kalau sampai masuk pengadilan, bilang aja ke hakimnya, mampu bayarnya sekian… biasanya sama hakim dikabulkan. bahkan kalo bungan terlalu besar, kita bisa minta diturunin…

  10. wah mantap ni,aku sudah 3 tahun ga bayar kk,tiap kali datang gw beri kadang 10 ribu,kadang 20 ribu,sdh pulang tu DC,habis gw memang ga punya uang,semua uang kk sudah habis buat bayarin bunga bank,jadi mutar2 uangnya ya ke kk juga,jadi ya buat apa dibayar,biarin saja,kecuali ntar nanti kalau aku sudah kaya raya baru aku bayar,tapi kalau belum ya biarin saja,lama2 juga bosan yg nagih

    • Bener ta Mas Rony caranya hanya segampang itu?? saya jadi ingin mencoba. kalo hutang kartu kredit dan KTA saya banyak apa bisa dgn cara sperti itu???? krn kk saya sdh mulai macet ini, terutama yang limitnya buanyak. trm kasih.

  11. dan resepnya jangan pernah ganti no hp anda,tiap kali bank/dc menelpon biarin saja ga usah diangkat,tapi sekali kali juga gpp,kalau dia ngomel2 bilang saja maaff,ntar kalau masih ngomel bilang maaf lagi,terus gt sampai cape sendiri

  12. wah kalo maslah kartu kredit mah saya lagi alamin nih sekarang. kalo Bank CIMB Niaga sebelum saya gak bisa bayar saya permisi dan dapet respon baik sekali dan langsung dibuat kan jadwal pembayaran angsuran perbulannya tetap tanpa bunga. proses gak sampe 2 hari. langsung ok. gak banyak bicara dan debat. wah pokoknya nyaman banget kayak kita gak punya utang , itu namanya bank yang bener. nah satu lagi saya ke DANAMON melakukan hal yg sama tapi perlakuannya beda banget ma Bank Niaga , saya cukup dibilang bayar min payment aja kalo gak kuat bayar. jee saya bilang justru saya minta keringanan krn saya kena PHK dan selama ini juga pembayaran saya bagus kok. saya didiamkan selama berbulan bulan dan tiap bulannya ada yg teror , seakan akan saya mau kabur atau gak mau bayar. dngan tutur kata yang kasar dan ngoceh terus tanpa ada tanda baca , dan gak tau apa topiknya. sampai ada dari bank danamon dengan nada baik dan sopan minta bahwa di fax surat surat untuk keringanan tagihannya yaitu KTP dan Surat Miskin , hahahah saya ketawa , bukan berarti saya gak mampu bayar tagihan saya lantas orang miskin yng hars seperti itu. tapi saya turuti, tapi sampai hari ini blom ada hasil apa apa. tetap saya suruh bayar sejumlah uang sebagai dp kalo mau ikut cicilan tetap , maunya si gitu tapi untuk bayar dp aja saya blom ada uang gimana dong.

    Bank Danamon benar benar gak bisa dajak kompromi kaya utang gue besar aja . padahal cuamn 8 juta eh jadi 10 juta krn bunga dan denda ini itu lah

    kapoook gak lagi punya kartu kredit dah
    ada yg bisa bantu saya gak

    • benar Danamon hitungannya ngawurrr…sekali

      teman ada yang tagihannya 30 jutaan, saat telat 3 bulan langsung melejit menjadi 74 juta. Waktu diminta perhitungannya tidak mau kasih…..GILA BENAR SI LINTAH DARAT INI !

    • kabur aja mas ke luar jawa ajak keluarga serta he3x…

  13. ah teori aja bisa,,, ga bisa segampang itu bos,, nama qta bisa masuk daftar hitam BI n klo dah gtu ngurusnya ampun2 ribetnya ujung2nya tetep harus lunasin juga,, lagian bank dah punya jaminan ga bakal rugi bank dah ngitung orang2 yg akan nunggak or kabur dah bank pikirin dari awal..,

  14. Kalau gua udah dari 4 tahun karena PHK, pindah kota, ganti no hp, kira-kira gimana yah nasibnya, ga pernah denger kata-kata teror. kira-kira dihapus dari Daftar Hitam BI kapan yah, soalnya mau ambil kredit rumah neh.

  15. STUJA.. DC VIA TELEPON MESTI DIAJAR SOPAN SANTUN, IBU GUE MAU DIGANTUNG DAN ADIK GUE DISURUH MENJADI PELACUR BUAT BYR KK. SAYA. WONG EDANNNNNNNNNNNNNN… COBA AJA KE MAKASSAR MAU GANTUNG IBU SAYA.. SAYA JAMIN ANDA YANG SAYA GANTUNG DULUAN. HAL INI TELAH JELAS melanggar KUHAP PSL.335 YAKNI PERBUATAN TIDAK MENYENANGKAN DAN PENISTAAN SECARA LISAN. SY TUNGGU ANDA DIRIMAH… LEBIH CEPAT LEBIH BAIK……

  16. tiba2 suami di terima kerja ke luar negeri, tapi krn tagihan kartu kredit sudah sangat besar plus personal loan yg total semuanya bisa 190 juta….kami berencana meninggalkan semua tagihannya tanapa membayar….

    tap was2 juga kalo2 di luar negeri kami di ciduk….apa kalau sudah 5 bulan lewat, sudah ada pemutihan dari bank karna yg cari2 tidak ada ???? seperti yg dialami teman saya pindah2 dalam kota, akhirnya setelah 3 tahun tidak ditagih lagi…..ada yg bisa bantu masalah kami…tq

  17. saya juga mengalami hal yang sama , DC tlpn ke rumah , bentak bentak , omong kasar , ada ancaman mau ngebunuh dll, saya jadi pusing , kasian dengan orang rumah , bgmn solusinya ? sedangkan buat bayar saja gaji tidak mencukupi , buar dirumah saja kurang ,. KARTU KRIDIT LINTAH DARAT .

  18. Jadi apa cara yg terbaik untuk hadapin masalah kartu kredit ini agar smua pihak lega?

    saya ada baca juga tentang menunggu hingga hutang sampai 6 bulan lebih maka bank akan beri keringanan berupa diskon atas hutang sampai max 90%.

    tapi apa sampai 6 bulan itu kita harus terus2an menghadapi DC yg terus terror?

    • saya juga dapat info tentang itu dari sodara yang kebtetulan bagian kredit di salah satu bank. Kita harus nunggu diteror dulu baru disetujui untuk reschedule pembayaran hutang.

      dalam perjanjian clausal mengenai ini ada gak seh?
      SADIS KALI YAK….

      masa harus nyimpan uang di bawah bantal lagi? wah kembali ke jaman prifmit lagi kalo begitu

    • DC nya diajak omong baik2, saya jg mengalami KK macet, tp selama ini ga pernah dibentak2 DC, kalo DC dateng ya persilakan masuk aja, stlh 6 bulan memang katanya bisa pemutihan, kt tetap melakukan hubungan dg bank jd tidak kabur or menghilang, saya belum 6 bulan macetnya jd nggak tau proses pemutihan itu gmn…

  19. buat temen2 yang ngerasa menjadi korban kk bagaimana kalo kita bikin komuniti korban kk&ganyang dc yang kurang ajar….

  20. diskon itu bohongan,kamu bayar setelah diskon,nanti beberapa bulan ada tagihan lagi,meskipun anda sdh dapat surat pelunasan,jadi kalau memang ga bisa bayar ya mending tdk usah dibayar sekali,kk sdh dapat asuransi,kalau dc menagih itu memang buat penghasilan dia yg tidak pasti

  21. saya sudah memasuki bulan ke-2 menunggak kartu kredit di salah satu bank. Sebelumnya pernah juga sih nungga tapi hanya 1 kali. dibanding dengan masa keanggotaan yang sudah 7 tahunan sebenarnya bunga yang sudah saya bayar jauuuuuuuuuuuuh lebih besar daripada sisa hutang. walaupun begitu tetap aja ditelpon mulu kaya minum obat aja..

    kronologis timbulnya tunggakan :
    1. punya kta di salah satu bank
    2. suatu hari ada yang datang mohon agar saya mau ambil kta-nya dengan iming2 bunga sangat rendah. kali ini saya tolak dgn alasan masih ada hutang di bank lain(point 1 diatas).
    3. point 2 tak ceritakan ke istri. rupanya istri tertarik katanya buat bangun rumah di kampung, akhirnya diterima deh tawaran itu
    4. berhubung uang sudah habis tapi rumah blum klar2 juga kebetulan ada yang nawarin kta lagi, ambil lagi.
    5. sampai di sini alhamdulillah masih sanggup membayar semua cicilan dan untuk kebutuhan sehari2 pun belum terganggu.
    6. tapi karena rumah blum klar2 juga akhirnya kartu kredit deh di gesek sana sini.
    7. rumah belum klar2 juga ternyata mulai muncul gali lubang-tutup lubang. melihat keadaan yang tidak nyaman ini kami memutuskan menjual rumah yang kami tempati dengan harapan hasilnya buat bayar2 semua hutang2.

    benar, semua hutang2 dibayar kecuali 1 yaitu point 1 di atas tetap dilanjutkan cicilannya.

    mengingat kami kuatir kalo bisa2 tidak akan punya rumah lagi (anak kami 2 orang masih kecil2) akhirnya kami beli rumah dengan kredit btn. eh btn nya setuju2 saja.

    karena buat dpnya kurang maka kartu kredit yang saldonya sebenarnya sudah LUNAS mulai gesek lagi, yang penting punya rumah deh.

    1 – 7 bulan masih okelah hutang btn, kta point 1, kartu kredit masih oke2 saja. memasuki bulan ke-8 btn sudah nungga sebulan, dan point 1 nungga sebulan dan kartu kredit nungga sebulan. untuk btn dan kta walaupun jarak pembayaran sebulan2 tetap saja dianggap telat sebulan karena keduanya pembayaran dilakukan mundur sebulan semua. misalahnya sahursnya dibayar tgl 7 juni bayarnya jadi tgl 7 juli bgt seterusnya.

    kalo btn dan kta masih boleh dikata okelah hanya soal jadwalnya saja yang pasti setiap sebulan bayar.
    tapi yang kartu kredit yang nungga inigimana caranya sementara sisa gaji 1 bulan tinggal 1 jete. mana buat makan,transport, apalagi buat bayar kartu kredit yang nunggaklah.

    Mohon selusi/saran ya teman selain over kredit rumah saya ada jalan lain gak, please. pusssiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing.

  22. tolong saya pusing sama kartu kredit saya mau nyelesein tapi pihak bang mempersulit saya, jelasnya begini utang saya 5 juta saya mau cicil tetap selama 2 tahun tp ga boleh . pengen bang 4x saja. saya kapok punya kartu kredit..
    teman2 sepenanggungan mudah2 an kita semua bisa menyelesaikan semuanya…

  23. Saya juga udah 4 bulan nunggak kartu kredit saya punya 3 kartu kredit yang bermasalah.yang satu, DC udah mulai melakukan aksiny..padahal itu bank pelat merah yang ngeluarin KK.Untungny si DC ga terlalu kasar walaupun agak nyebelin juga karena ngomongnya halus tapi agak2 ngancam..sebelumnya dah ngajuin reschedule ke penerbit KK.tapi solusinya berupa dijadikan cicilan tetap dengan sebelumnya membayar uang muka minimal 15% dari total tagihan yang ada dengan kena bunga 1-1,6%.buat bayar uang mukanya aja kagak bisa, kla tanpa uang muka, mungkin bisa langsung dicicil gitu dengan jangka waktu 2-3 tahun.
    yang 2 lagi dari bank swasta terbesar, solusinya cuma antara 2:
    1. dilunasin dengan dapat diskon samai dengan 30 %
    2. dibuat cicilan maksimal 6 kali dengan uang muka 30%.
    Tiap bulan aku cuma bayar sbisa saya.karena bener2 aku nyadar itu kewajibanku buat nglunasinyya.cuma kadang ga sanggup liat bunganya yang tiap bulan rata2 3 kartu kredit itu dah 1,2 juta sendiri…gila aja..
    Gimana klo kita buat group di FB untuk mencari anggota sebanyak mungkin korban dari bunga kartu kredit dan korban ketidakadilan sistem kartu kredit di Indonesia.?
    Yang pengen share dan berbagi masalah kaertu kredit bisa kontak aku, ayo sama2 bicarakan solusi yang tepat untuk bisa melunasi kartu kredit tanpa membebani keuangan kita, terutama yang kena musibah ada mengalami kesulitan keuangan.Terutama yang di Denpasar (kebetulan saya tinggal di Denpasar).
    yuk sharing bareng dan ngobrol untuk cari solusi.
    YM gw : ir_one1907

    • mas irwan, tlg fasilitasi bentuk group fb atau apa, tuk kita korban2 dc…gmn nih temen2 yg lainnya…pasti byk skale,,,org sy lht si dc klo bw tagh setumpuk, ada kali 10 lembar, itu baru 1 dc dlm 1 hari..dlm 1 bank…coba bayangkan…blm lg klo kita ke bag collection cc…huahhh…hampir tiap hari rame trs…sampe pernah sy ga kebagian duduk saking penuhnya…

    • hayu laaah

  24. Secara perspektif saya menyimpulkan :
    o. Hutang Kartu Kredit pasti menimbulkan KESENGSARAAN bagi mereka-mereka yang tidak bisa meMANAGE Keuangan penggunaan CC itu sendiri…. Komunitas ini HENDAKNYA JANGAN di DISKRIMIMASI…
    o. Penderitaan Teman-teman yang telah terangkum kasus-kasusnya , semuanya mengisyaratkan PERLUnya kita BIJAK memahami akan perSOALAN mereka…dan BUKAN menciptakan unsur himbauan untuk fight .

    Semuan kondisi-kondisi psikologi komunitas yang menderita depresi dan stress hutang kartu kredit, hanya 1 yaitu : LEPAS dari JERATAN HUTANG KARTU KREDIT.
    BUKAN PENGUSUNG-PENGUSUNG statement-statement yang berputar-putar pada NASEHAT-NASEHAT.

    Kasus yang tidak umum adalah : “Memposisikan DIRI KITA menjadi bagian JAWABAN yang MEREKA BUTUHkan !”
    Bersama kita BISA…… tengok di my9ty.wordpress.com

  25. Aduuh serem banget kalo sampe ngancem nyulik anak segala. aku juga punya kartu kredit, sampe sekarang belum pernah telat bayar. tp belakangan ini aku merasa berat bayarnya, karena aku udah ngambil rumab BTN cicilannya 1,5 juta/bln.
    kalo aku msh sanggup bayar kartu kredit ya aku bayar. tp kalo udah gak sanggup lagi, apa boleh buat gak dibayar deh! apalagi sekarang aku dah pindah rumah walaupun msh di kota yg sama.
    Si debt kolektor bisa gak ya nemuin rumah baru aku? Takut juga ya sama teror2 mereka. apalagi yg ngancem2 nyulik anak trus minta tebusan gitu. aku takut anakku diculik pas pulang sekolah. mudah2an gak ada yang ngasih tahu rumah baruku. (niat banget suatu saat gak bayar kartu kredit).

    • wah.. kalo ancam2 sy sering denger tp yg betul2 culik anak kayanya belum pernah ada tuh, saya jg mengalami macet KK tp DC nya ga pernah kasar krn selalu saya terima dengan baik kalo mrk dateng. segalak-galaknya DC ya punya nurani jg lah, ya terus terang kalo denger kata DC aja saya takut dan beban mental, skr saya lg alami macet KK semua kegiatan saya jd terganggu krn pikiran tdk konsen, tapi saya selalu angkat telpon dari penagih, mudah2 an masalah anda cepat beres ya…

  26. Kakak saya mempunyai tunggakan kk 200jutaan. Yang terdiri dari 20 kk, lebih dari 10 bank penerbit.

    Uang ini bukan dipakai untuk kebutuhan tapi dibawa lari temannya yang awalnya joint usaha. Selama 1,5 tahun hanya bisa gaji lubang tutup lubang dan akhirnya ga kuat lagi. Sekarang sudah banyak telp baik yang nadanya halus maupun yang kasar. Bahkan hanya terlambat 2 minggu sudah didatangi debt collector.

    Bagaimana ya cara mengatasinya? Mengingat kakak saya perempuan di rumahnya tidak ada saudara lelaki, hanya ada ayah ibunya yang sudah tua.

  27. Dalam berhutang baik ke bank maupun ke pihak lain .. kalau kita masih bisa bayar kita kayak raja .. tapi kalau sudah tidak bisa bayar kita kayak penjahat ..

    Kalau bisa buat saudara saudara yang belum punya hutang jangan coba berhutang .. karena itu tidak enak ..

    pengalaman saya sendiri berawal dari saya coba usaha sendiri dengan modal dari hutang pakai kk .. lalu di tawarin kta aku ambil .. usaha berjalan dari 2003 semua pembayaran lancar2 aja .. dengan catatan bayar hutang dengan hutang .. lama kelamaan hutang jadi 289juta .. dan mesti kehilangan rumah , yang saya beli di tahun 1999 dengan cara kpr .. dengan uang hasil penjualan rumah saya masih bayaran cicilan per bulanan .. lama kelamaan uang juga udah abis dan hutang tetap dengan jumlah 289 juta .. saya jadi bingung dengan situasi .. situasi usaha turun banyak .. kadang2 mua dapat 50rb aja susah banget .. itu kenyataan yang saya hadapin sekarang .. dengan kenyataan yang sekarang ini saya sudah tidak bisa membayar semua tagihan tagihan saya .. saya cuman bisa pasang badan dan minta keringanan dari bank ..

    Dalam kondisi uang sudah abis semua .. mau kabur juga susah .. cuman bisa pasrah .. browww

    • sama saya jg mengalami spt anda, tabah saja, walau saya jg sering tidak kuat, sering ketakutan, ya mau gimana lagi, KK saya jg banyak macet, coba runding solusinya dg bank walau sulit kalo masih awal macet. sabar aja pasti semua akan berlalu..

  28. Pernah kah teman2 mengalami di mana kondisi hidup kita mentok .. setiap usaha kita menghasilkan apa2 .. pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing .. dosa apakah yang telah saya buat ????????????????

    • Pak Sudianto yg baik, setiap manusia pasti memiliki problem yg berbeda-beda dgn tingkat permasalahan yg berbeda beda pula. Namun yakinlah Tuhan selalu memberikan cobaan kepada manusia dlm kadar batas-batas kemampuan msg msg individu agar kita menyadari ke Maha BesarNya dan betapa kecilnya kita sebagai mahlukNya. Karena keangkuhan, kesombongan, dan kealpaan kita, sering kita mungkin melakukan hal hal yg tidak disukai Tuhan dan mungkin sangat dibenciNya. Cara menyelesaikan masalah terbaik adalah berserah diri kepadaNya dgn penuh keyakinan bahwa Tuhan itu MAHA PENGASIH dan PENYAYANG melalui jalan Ibadah wajib kita, mohon jalan keluar atas permasalahan yg sdg dihadapi, sekali lagi Berserah Diri Sepenuhnya kepada Tuhan dan meninstropkesi semua perbuatan yg telah kita lakukan serta bersungguh-sungguh ukt menjadi manusia yg lebih baik, semoga bermanfaat, salam, Samsul Anwar

    • saya mengalami hal sama, awal februari kmrn smua usaha macet, coba dan coba lagi tapi nol besar. saya cuma tetap tabah saja, dekat Tuhan yg penting dan jauhkan pikiran2 buruk. hutang walau direnungi siang malam tdk akan lunas, tapi kt harus berusaha cari pendapatan walau sedikit bisa cicil. kalo terus merenungi, bukannya lunas malah pikiran kt sakit dan badan jd tdk sehat, tetap sabar pak sudianto,mudah2 an anda menemui jalan terbaik…

  29. Buat temen2 yg bermasah dg kartu kredit, aku punya informasi mengenai kk yg macet nih dia mudah2an bemanfaat yaa:
    Posted in Tentang Penulis on 02/21/2010 03:15 am by Imam Trio Utama
    Dari hasil investigasi dan pencarian informasi yang saya lakukan selama ini, maka didapat kesimpulan bahwa :
    1. Hutang kartu kredit dan KTA bersifat tidak mengikat para pemegangnya dan tidak ada Undang-undangnya, tidak diwariskan, tidak dapat dipindahtangankan (artinya tidak bisa ditagihkan kepada orang lain) ,tidak boleh menyita barang apapun dari anda,surat hutang tidak boleh diserahkan kepada pihak lain atau diperjualbelikan, dsb.
    2. Ada klausul yang disembunyikan oleh pihak penerbit kartu kredit bahwa jika pemegang kartu kredit sudah tidak mampu membayar maka hutang akan ditanggung penuh oleh pihak asuransi kartu kredit visa master. bahkan untuk beberapa bank asing tanggungan penuh asuransi itu mencapai limit 500 juta.
    3. Adalah oknum bank bagian kartu kredit yang menyerahkan atau bahkan melelang tagihan hutang kartu kredit macet itu ke pihak ketiga atau debt collector untuk ditagihkan kepada pemegang kartu kredit yang macet. dari informasi yang didapat dari para mantan orang kartu kredit bank swasta dan asing, maka sebenarnya uang itu tidaklah disetorkan ke bank karena memang hutang itu sudah dianggap lunas oleh asuransi tadi. Jadi uang yang ditarik dari klien pemegang kartu kredit yang macet itu dibagi dua oleh para oknum bank dan debt collector. Jadi selama ini rakyat dihisap oleh praktek bisnis ilegal seperti ini yang memanfaatkan ketidaktahuan nasabah dan penyembunyian klausul penggantian asuransi hutang kartu kredit.
    4. Surat kwitansi cicilan hutang dari klien ke pihak debt col pun banyak yang bodong alias buatan sndiri dan bahkan surat lunas pun dibuat sendiri dengan mengatasnamakan bank. 5. Bahkan dijakarta dan cimahi, saya menemukan kasus dimana ada 1 orang (cimahi) telah melunasi hutangnya
    5 tahun lalu sebesar 10 juta kepada pihak kartu kredit BNI 46. Namun bulan agustus 2009, dia didatangi oleh debt coll dan memaksa meminta surat lunas dari bank tersebut. Kemudian bulan september 2009, dia didatangi lagi oleh pihak debt col yang membawa surat tagihan sebesar 10 juta! Dua kali lipatnya. Akhrnya dia terpaksa membayar karena mengalami kekerasan dan tindak pidana serta ketakutan. Dari info yang saya dpt, kemungkinan ada permainan antara orang IT bank penerbit kartu kredit dan pihak debt coll untuk memanfaatkan kebodohan masyarakat. Kasus kedua dialami oleh teman saya sendiri dijakarta. Pada tahun 2005 dia sudah melunasi hutang sebesar 3 juta ke kartu kredit mandiri di tahun 2007. Lalu dia tidak memperpanjang kartunya lagi alias berhenti menggunakan kartu tersebut. Sehingga otomtatis dia tidak menerima kartu perpanjangan dan surat tagihan lagi. Namun tahun 2009 dia menerima tagihan lagi dan didatangi oleh debt collector mandiri dengan tagihan sebesar 6 juta! Dua kali lipat. Padahal tahun 2007 sudah dilunasi. Aneh memang. Apakah trend semacam ini sudah menjadi cara yang biasa dipakai oleh oknum bank kartu kredit dengan para debt collector di Indonesia? Membuat rakyat jadi miskin, padahal hutang kartu kredit sudah ditanggung penuh oleh asuransi visa master.
    6. Dari informasi yang saya dapat dari mantan orang kartu kredit standard chartered bank , bahwa perusahaan2 debt collector itu tidak ada yang memiliki izin/legalitas sama sekali. Alamat kantor dan nmr telponnya pun tidak pernah jelas, apalagi struktur organisasinya. Karena dinegara manapun didunia, tidak boleh ada perusahaan yang diberi ijin untuk menagih hutang. Jadi jika kita atau polisi mau mendatangi perusahaan2 debt coll ini berdasarkan info dari masyarakat, maka tentu orang-orang debt col itu akan lari dan akan pindah alamat dan kantornya.
    7. Dari sudut pandang hukum , kartu kredit adalah lemah karena tidak ada undang-undangnya dimanapun karena sifatnya yang konsumtif dan bunga tinggi serta banyak klausul-klausul yang disembunyikan dari para pemegangnya yang justru bisa melindungi para kliennya. namun tidak dikatakan secara jujur jadi klien banyak dibodohi.
    8. Kesalahan berikutnya dari pihak bank adalah dalam cara memasarkannya, dimana sebenarnya yang boleh memiliki kartu kredit bukan sembarang orang namun orang yang sudah mapan. Namun dalam sepuluh tahun terakhir justru sebaliknya, banyak kartu kredit ditawarkan dengan mudah dengan persetujuan yang mudah. Akhirnya orang yang belum mampu, dapat memiliki kartu kredit yang akan berakibat pada banyaknya hutang macet pada kartu kredit. Dan ditambah lagi, jika seseorang telah memiliki 1 kartu kredit maka dia akan mudah memiliki kartu kredit dari bank lain dengan limit yang lebih tinggi dan banyak. Sehingga jika seseorang punya 1 kartu, maka dia akan ditawari dari bank lainnya. Padahal semestinya kartu kredit menganut azas kemampuan diri nasabah ketika menawarkan. artinya jika nasabah sudah memiliki 1 kartu kredit maka secara akuntansi dia tidak boleh menambah kartu lainnya karena pasti akan tidak mampu.
    9. dari semua ini, maka dapat disimpulkan bahwa yang membuat macet hutang kartu kredit adalah pihak bank sendiri. Dan kenyataan yang didapat dilapangan, kasus premanisme yang dilakukan oleh para debt coll terhadap klien2 kartu kredit yang macet sudah tidak manusiawi lagi. Disini rakyat tambah menjadi miskin, dan menderita. serta ketakutan. Dan banyak pelanggaran hukum yang berada pada sisi debt col bila kita mau mencermati, mulai dari soal ijin perusahaan, legalitas, alamat perusahaan, nmr telpon, dan sebagainya. Dan debt col ini sebenarnya menagih hutang yang sudah dilunasi oleh asuransi visa master. Jadi uang yang didapat dari masyarakat dipakai sendiri oleh oknum bank dan debt col dengan mengatasnamakan pihak bank. Perlu diketahui bahwa hutang kartu kredit dan KTA /kredit tanpa agunan memiliki sifat berbeda dengan hutang-hutang lainnya. Pertama karena sifatnya tanpa jaminan maka tidak ada ikatan pada nasabah untuk melunasi jika tidak mampu membayar bahkan ada didalam klausulnya. Kedua, hutang kartu kredit tidak diwariskan , alias tidak dapat ditagihkan kepada anggota keluarga yang lain. Yang justru dalam kenyataan, para debt col memintanya pada anggota keluarga yang lain. Ketiga, saya berharap bahwa POLRI akan menindak tegas premanisme semacam ini secara proaktif dan bukan berdasarkan laporan/delik aduan saja. karena bila kita lihat , sudah sejak dulu masyarakat diperlakukan seperti ini dan kita bisa bayangkan sudah berapa biliun uang rakyat diambil oleh debt col yang notabene adalah premanisme dan oknum bank., sehingga rakyatlah yang memperkaya debt col dan oknum bank itu. Mungkin ada beberapa kekurangan dari hasil investigasi saya ini, namun inilah semua yang saya dapatkan dari investigasi dilapangan selama 1 tahun. SEmoga bermanfaat buat POLRI dan dapat melindungi rakyat yang sudah susah hidupnya sehingga tidak diperas dan ditindas oleh para debt col dan oknum bank. Padahal uang itu tidak disetor ke bank , melainkan kepada oknum bank yang bisa mengeluarkan kwitansi resmi dari bank. dan surat lunas dari bank. Bahkan ada yang mengeluarkan kwitansi bodong alias palsu serta surat lunas buatan sendiri yang seolah2 dikeluarkan oleh bank. Sekian dan terima kasih. Dan semoga tidak ada pejabat yang membekingi para debt collector kartu kredit dan KTA. Demi menumpas penghisapan terhadap rakyat yang sudah tidak mampu.

    Hormat saya,

    Eko Budiyanto, S.Sos.
    Kriminolog -UI

    • share aja, klo bca, dc nya berbentuk koperasi, apa namanya sy lupa, d jl. Arjuna samping tol arah kbn jeruk, mengenai legalitas ga tau bener apa nggak, yg sy lht terpampang piagam dr bca…mengenai pembayaran lsg setor k rek bca…thx utk posting di atas, sgt inspiratif skl utk sy yg lg stress d kejar2 dc…

    • terima kasih atas artikel tersebut..sesungguhnya, berita tentang hal tersebut sudah saya ketahui sejak pertama kali punya masalah dengan debt collector. namun, yang terjadi ketika saya sampaikan mengenai hal tersebut (poin 1 – 8), bank menolaknya, mereka tetap bertahan dengan argumen bahwa hal seperti itu terjadi, dengan sambil tetap menyatakan bahwa hutang harus dilunasi secepatnya atau akan diambil oleh agent dari pihak ketiga yang mereka tidak bertanggung jawab atas cara-cara mereka dalam menagih hutang tersebut.
      kadang saya merasa, bahwa negeri ini sudah bener-bener dikuasai “rentenir-rentenir’ yang berkedok institusi perbankan yang tidak pernah terbuka tentang proses bisnis mereka terhadap para pengguna kartu kredit dan tidak memperhitungkan aspek-aspek ” ketidak mampuan karena bencana atau musibah”….semoga segera ada peraturan dan ketegasan pemerintah dalam menertibkan bisnis kartu kredit tersebut dan segera memberi payung hukum yang jelas dan sederhana bagi para nasabah yang mengalami kesulitan dalam melunasi kewajiban hutang kartu kredit tersebut.
      Harapannya juga, bank penerbit kartu kredit lebih bisa membedakan para nasabah yang TIDAK BISA membayar hutang karena musibah dan masih mempunyai itikad baik dengan para nasabah yang memang TIDAK MAU membayar hutang mereka walaupun mereka punya dana untuk melunasinya..

    • Salam kenal bung, saya sedang menghadapi masalah tsb. akan tetapi pihak bank malah menghadapkan saya dengan pihak ketiga tersebut dan malah meminta saya untuk membayar uang muka kepada pihak ketiga tersebut. apa yang harus saya lakukan ? apa ini bisa dikatakan pemerasan ? mohon bantuan dan saran ya…..

    • yth pak eko,sy merasa sedikit agak lega membaca artikel yg bp posting mengenai kredit macet kartu kredit, tp mohon bp berikan tanggapan atas permasalahan sy pak,karna sy baru pertamakali ini mengalami nya dan info yg sy terima sangat beragam.3bln yll sy kehilangan kartu kredit tambahan sy.total limit setelah di gabungkan dg kartu utama 40jt pak.sy br menyadari kehilangan kartu sy itu 3jam berikut nya.dan sy langsung mem-blokir nya pak,namun sayangnya limit kartu sdh ludes.lantas sy lsg melaporkan kejadian ini ke kepolisian dan pihak bank yg bersangkutan,dg menceritakan kronologis kejadian nya sy hrp pihak bank bisa mengerti akan kondisi sy,apalagi kartu sy digesek di luar jam transaksi normal(jam 10-11 malam)dg jumlah transaksi yg sangat besar.pada saat sy mengklarifikasi ke pihak bank disertai bukti2 dr kepolisian,pd saat itu pihak bank menginformasikan bahwa transaksi yg dilakukan oleh kartu tambahan sy tsb sy msh menggantung,dan sy tegaskan pd pihak bank bahwa sy tidak bertanggung jawab atas transaksi yg terjadi dr kartu tambahan sy yg hilang(proteksi bank thd nasabah tdk ada sehubungan penggesekan terjadi pd kartu tambahan di luar jam transaksi normal)sy rasa pihak merchant juga harus menanggung akibat karna menggesek kartu yg dilakukan oleh bukan pemiliknya,sy juga mempertanyakan keabsahan transaksi karna dlm sales draft sy tidak membubuhkan tanda tangan atau apapun juga).namun sampai saat ini tagihan +bunga dan late charge payment masih di beban kan pd sy melalui billing statement.mohon saran nya pak,…karna sy sangat kepikiran akan hal ini,sebelumnya saya ucapkan terimakasih pak.

    • terima kasih pak atas informainya yang sangat berharga ini saya juga pusing dengan tagihan kk yang betul2 tidak ada habisnya ……

    • terimakasih atas infonya yg lengkap, mudah2 an para teman2 yg sudah mengalami macet KK membacanya..

    • tk skl atas info nya sy jg lg menghdpi mslh ini ,sy alami yg nm nya dicaci maki diancem, dr omgan yg ngak pantes didengar smp mslh sara , yg menamakan dirinya mewkli bank besar tp omgannya spt org tdk terpelajar apa bank tsb mmg mempekerjakan org2 spt itu khusus utk menagih utang? kshan skl, sy hanya berdoa semoga mereka tdk pernah mengalami nasib jelek spt sy ,jd tdk ush punya utang cc,jd kt bs putus praktek spt org yg tdk pernah mkn bangku sklh itu

  30. Saya mau bertanya Jiƙα penyelesaian KK dan kta melalui lawyer di jamin berhasil gak?
    Terus teman2 ada pengalaman gak Jiƙα pakai lawyer hasil negoisasinya seperti apa?
    Apa dapat discount atau schedule ulang?thanks

  31. saya punya tunggakan tagihan kartu kredit selama 6 bulan dari 6 bank sejumlah 50jt itu awal macet,entah berapa sekarang?

    dan saya tak pernah dapat tagihan selama saya menunggak,yang ada cellection menagih melalui tilpun di tempat saya bekerja.saya sdh malu di tempat kerja ditagih terus.sedangkan bisnis sampingan saya bangkrut.

    pihak bank mengancam akan menagih via personalia atau potong gaji.dan melaporkan ke atasan saya.

    bagaimana yang harus saya lakukan.sedangkan mau bayar gak ada dananya? apakah harus keluar kerjaan?.

    saya mohon teman2 mau kasih masukannya terima kasih

    • saya punya tagihan kk dan kta 9 bank 150jt lbh.usaha saya bangkrut,tdk sanggup bayar lg.akhirnya saya ganti semua no telp dan pindah rmh diam2 jaraknya 1km dr yg lama,dah 7 bulan telat ini tdk ada colektor yg datang.saya terpaksa lari dari tanggung jawab,karna utk makan aja tdk punya uang.pernah saya sampai sampai bw uang logam 500 an utk beli nasi ke warteg.saya sudah tdk peduli lg di blacklist bank,dan lain sebagainya.kolektor datang,,saya terpaksa cuma pasang badan.semoga kedepannya saya punya uang,karna kalau ada,tetap saya mlunasi karna itu adalah hutang walaupun dah mati.tp jika tdk punya sampai ajal menjemput,semuanya kuserahkan pada YG ESA.

    • ada beberapa cara yang saya tawarkan

      1. minta keringanan dari bank bermasalah
      2.- kompaki semua karyawan ato personalia anda untuk menyatakan anda tidak bekerja lagi diperusahaan tersebut dan buat surat pemecatan palsu dan faxkan ke bank2 dimana anda bermasalah
      3. lari malam ato mengundurkan diri dari tmpt anda bekerja dan cari kerja ditempat lain. nb: non aktifkan semua no telp yang pernah anda daftarkan ke bank2 tersebut.
      4. pinjam dana dari kantor anda untuk melunasi semua utang kartu kredit anda dengan konsekuensi potong gai dan bekerja disana seumur hidup anda. silahkan memilih jalan anda sendiri semoga membantu

  32. semoga orang-orang bank membaca derita anda yg memang banyak orang alami saat ekonomi jatuh /bangkrut…dan lebih bijaksana menyikapinya… tapi apakh debt collector memahaminya… smoga Tuhan memberi jalan dan dipulihkan kembali ekonomi anda…. klu ada kolector yg datang dengan sikap yg kasar lawan saja…. minta tolong tetangga sekitar dan teman2 anda utk ksih pelajaran kemereka yg tdk mau mengerti penderitaan hidup…!!

  33. sungguh saya mengalami hal yang sama gara2 kk sialan, kondisi saya yang sedang hamil besarpun para dc itu nggak peduli, sudah 5 bulan saya bermasalah dgn kk, dikarenakan kondisi usaha suami saya yang bangkrut dan kena tipu teman2 nya,parahnya, tiap hari di rumah dan di kantor teror telephon dan dc tak pernah terlewati, ada yang namanya DAUS dari bank Mandiri yg dgn gagahnya berkata sama ibu saya, ” kamu itu orang tua goblok ” dan semua kata2 kasar dia keluarkan untuk menghina ibu saya, ada juga dari bank HSBC yang bilang kalau saya itu pelacur, maling, jual aja punyaan kamu biar bisa bayar hutang2 mu,…..sungguh masih banyak lagi perkataan2 kasar yang sering saya terima, sungguh tiap hari kepala saya pusing, sesak nafas, dan mata sakit karena terlalu bnyk menangis, sungguh saya kasihan dgn bayi dlm kandungan saya, karena keadaan sayasekarang yang seperti buronan, siapa sich yang mau keadaannya seperti ini, kalau ada uang, ya pasti saya bayar, masa iya ada orang yang hidupnya mau di teror tiap hari dengan hinaan dan cacian,,,,bahkan bawa muka inipun rasanya malu, karena di tempat kerja saya sekarang, saya sungguh terkenal ” orang yang banyak di telepon bank dan di tagih DC ” dan nampaknya sekarang kerjaan sayapun terancam SP 3. Saya sungguh menyesal kenal dengan KK,

    • To mba Yanti yang sabar ya…boleh minta alamat email atau telp nya mba?…aku mau share aja niy…soalnya nasib mba yanti sama dengan sy…tks

      • To DW, saya seneng banget kalo ada teman curhat,gimana caranya ya? kalo nghgak DW ngasih no Hp nya dulu ke email saya.thanks

    • Mb Yanti…..sabar mb…..

      Boleh minta emailnya…..kita share………..

      Tq

      • boleh minta no yg bisa di hubungi???? saya pingin banget ada teman untuk share…

      • suami ku pake kk u usaha , mula2 pembayaran dr customer lancar, belakangan ini agak seret, udah 3 bulan nunggak kk, gila dc dth krmh, masuk , mba aku sampai keinjek kakinya, krn dia mau tonjok suamiku ga dapet. aku datangi bank nya minta reschedule, tp disuruh byr dp mahal, padahal klu bisa aku mau cicil tanpa ada dp yg berat. akhirnya sy kumpulin uang, dapaet 1 juta sy setorin, confirm dengan pihak bank, sdh ok, tapi ya tuhan malam2 itu dc dtg, pintu rumah saya dihantem, digedor2, suamiku mau bicara baik2 lgs mau ditonjok, suamiku masuk rmh lg, yg lebih kasian anak2 sy masih kecil nangis semua ketakutan, pintu besi rumah yg ga sempat dikunci, dibanting2. aku telp ke orang yang tangani aku, dia bisa bicara dengan dc tp tetap aja tuh si dc ngatain anjing, gua bunuh, gua mattin, ya tuhan padahal kita sdh berniat baik ada uang berapa kita byr, gmn yah.

    • Mb Yanti, boleh share……
      email ke saya ya……… di ind28@yahoo.co.id

      kita senasib deh………..

    • to mba yanti: sabar ya mba….
      minta no hp n emailnya donknya buat share,,,,,
      sy jg lg mengalami nasib yg sama skrg……
      thx…..

    • saya turut prihatin atas kondisi anda.. tapi anda tidak perlu mengeluarkan air mata anda untuk mereka & terkutuk lar orang yang mengucapkan kata2 kasar tersebut kepada ibu yg sedang hamil…. biadad
      ” surga dibawah telapak kaki ibu ” dan karma itu pasti ada untuk anda para dc yang mengucapkan kata2 sekasar itu…karena mulutmu harimaumu… untk anda gmn kalo anda meminjam saja dari perusahaan anda untuk melunasi tungakan kk anda dgn konsekuensi potong gaji tiap bulannya… tanpa mengangu kehidupan anda dan coba minta keringanan seringan2nya kepada bank untuk pelunasannya.. semoga bermanfaat

    • mbak kita senasib nih…aku juga punya kk total tagihan semua kk ku sekitar 25 jtan dan aku juga ga sanggup bayar,apalagi aku dah ga kerja mbak.sharing donk….aku bingung mo curhat ke siapa lagi soalnya.kalo mbak berkenan email aku ya di lust4_now@yahoo.com

  34. Jangan khawatir nego kan saja ke bank untuk mendapat disc besar atau cicil semampunya.

    =================================
    Mslh KK/KTA, Pusing dgn Kolektor.
    Disc Besar Dpt Surat Lunas atau Byr Semampunya.
    Km ada solusinya, LEGAL!
    Hub: 021-68782169
    Web: janneshutapea2010.wordpress.com

  35. Memang, pahit derita pemegang KTA dan Kartu Kredit selalu ada dibelakang hari,…

    Kalo dipikir2, bank hanya menyetujui aplikasi dari orang2 yang valid, yang punya kerjaan jelas, tempat tinggal jelas dan referensi jelas. Nah, jika ketiga syarat diatas terpenuhi, maka disetujuilah aplikasi kita, berarti anda2 semua termasuk saya adalah orang-orang pilihan, bukan orang-orang jahat yang mengemplang hutang.

    Bukan bermaksud untuk membela diri, tetapi terkadang seperti yang disampaikan teman2 diatas, hidup ini tidak selamanya flat, lurus, penghasilan rutin tiap bulan. Ada kalanya dikala ada anggota keluarga yang sakit, atau kebutuhan uang mendesak, kita jadi mengacaukan jadwal cicilan KTA or kartu kredit.

    Saya baru saja menyelesaikan masalah dengan Standard Chartered Bank, dengan no 306 0602 xxx. itupun dipinjami uangnya oleh saudara supaya bisa membayar lunas sebesar tidak banyak Rp2,5jt.

    Yang aneh dan lucu, tetangga tetangga kita juga ikut ditelpon oleh bagian penagihan, kan parah, apakah ada hukumnya untuk menagih dengan telpon ke tetangga?

    Tetapi sukur alhamdulillah, dari 10 penerbit, saya sudah selesai semua, LUNAS!

  36. Saya punya KK yang mulai nunggak 2006. Selama 2007 – 2010 awal tidak ada penagihan dari DC. Pada awal2 macet memang gencar mereka mengancam seperti yg diuraikan oleh rekan2 di atas. Awal Desember 2010 ini datang lagi tagihan dengan total 7 x lipat hutang pokok. Apakah ini benar datang dari Bank Penerbit KK atau ulah DC? Mohon info dan jalan keluar. Terimakasih

  37. saya punya kk bca ngak dibayar sejak tahun 2008 awal gitu..karena ngak terim a terima lembar tagihan..
    kalau mau bayar bisa di cicil gitu ngak yah…
    thanks

  38. tolonk saya…
    saya bingung dulu memang saya pernah app kk di lippo thn 2006 dan itu hanya 1 kartu yang limitnya 5 juta tapi sepengetahuan saya tak pernah pakai entah kenapa baru kemarin tanggal 10 januari 2011 saya ,emdapatkan tagihan dari cimb niaga sebesar 10jt dan 12 jt.. saya kaget dan bingung kenapa menjadi dua kartu dan limitnya sebesar itu….
    mana yang tagih dc…
    ummi saya sampai sakit dengernya saya jadi bingung mengapa demikian… saya g pernah pakai lebih dari 1 jt dan memang sat itu saya g bayar karena sudah tidak kerja.
    mana saya sekarang sedang hamil tua… diperkirakan akan sesar… ya Tuhan….
    saya ingin dateng k cimb niaga untuk menanyakan mengapa dua kartu dan saya tak pernah mempunyai 2 kartu. masa saya mempunyai 2 kartu yang bersamaan di tahun yang sama. aneh buat saya. saya tak mengerti masalah kk,… dan saya tak sanggup bayar…
    kasihan keluarga saya
    saya harus bagaimana???????????

  39. Saya saat ini juga terlibat hal yg sama.
    Terjebak lubang yg sama untuk ke 2x nya.
    3 Tahun lalu ketika kemampuan ku untuk bayar KK sudah habis, aku di bantu oleh kakak ku untuk membayar nya. Dan sejak itu hubungan ku dengan kakak ku berakhir tidak baik.
    Sekarang ku terjerumus hal yg sama lagi.
    Sedih kalau mengingat betapa bodoh nya diri ku. KK ada 4 buah.
    CItibank dgn utang hampir 20jt, HSBC dgn utang hampir 25jt. UOB Buana sekitat 9 jt dan PL Citibank yg setiap bulan nya sekitar 875rb dan masih ada 15x cicilan.

    Saat ini kemampuan bayar ku cuman 2jt sebulan, dan hari ini aku mendatangi HSBC, Citibank dan UOB BUana untuk di masukkan ke program cicilan. Tapi di tolak, krn saat ini aku belum terjadi tunggakkan.
    Niat ku adalah mencapai suatu kesepatakan sebelum terjadi nya teror DC.

    Bank lebih memilih jalan meneror dan menyedot bunga.
    Total hutang ku sekitar 66jt. Pinjam ke kantor, tapi Boss tidak bersedia meminjamkan krn di anggap nya bukan masalah dia.

    Advice dari temen yg lain, menyuruh ku untuk sengaja menunggak biar di ajak kompromi oleh Bank,

    Aku hanya takut kalau DC akan meneror Ibu ku atau pihak 3 yg merupakan saudara yg tidak serumah.

    Saran bagaimana supaya saya bisa menyelesaikan utang ku tanpa melibatkan orang tua dan pihak ke 3.

    barangkali boleh di bagi cerita teman teman atau berbagi duka via email
    outlaw_sol2002@yahoo.com

  40. saya punya tagihan KTA standard chartered kartu kredit citybank yang dananya dipakai oleh teman saya, sekarang teman saya susah ditemui, dan setiap saya cari tidak pernah ketemu. bagaimana solusinya? sedangkan saya tdk punya kemampuan untuk membayar

  41. beberapa hari ini sy sedang mengalami masalah dengan anz yang menagih melalui pihak ketiga (PT.total nissin)datang mengancam,teriak2,mau bakar rumah saya lah,hati2 dijalan nanti,dan saya sampai didorong ketika sedang mengendarai motor untuk melapor ke polisi dan dilempar botol aqua,tadi sore barusan ditelp lagi oleh DC kalau nanti akan laporkan ke media,bppom,polisi bahwa usaha saya ilegal,(padahal rumah saya lantai dasarnya saya sewakan kepada orang lain,saya tinggalnya di lantai2,itu usaha orang lain bukan usaha saya)sayapada tahun 2010 mendapatkan kk anz platinum limit 40jt,krn teman butuh pakai,untuk istri melahirkan,saya pinjamkan,gataunya niat baik saya disalahgunakan,kartu kredit dijebol sampai tembus 70jt,tghn skrg mencapai 90jt lbh,saya bingung juga gimana ngurusnya????ada yang saranin mina pengacara urus kena fee 10% dari total tagihan,dijamin ga datang lagi dan ga usa bayar selamnya,3tahun nama kita putih lg di BI…benar gaitu???atau saya masukan ke kompas.com mengenai intimidasi dan penganiyaan tsb,tolong dibantu teman2

  42. Setelah aku baca semua comment diatas….
    Ternyata semua na g berbobot banget tuh,inti n solusi dari semua nya adalah kalo kita g sanggup untuk pake kartu kredit bagusan jangan pake kalo cm hanya untuk gengsi aja,syukuri n nikmatin aja apa yg suda kita punya,jgn merasa iri kalo tetangga sebelah pny barang n kehidupan yg lebih…..
    Kalo brn buat n pake kk ya ttp harus tanggung jwab tuk melunasi nya dgn cara negosiasi dgn pihak bank tsb n mereka pasti ngertiin kita kok kalo dijelaskan dgn baik”
    Kalo masalah DC yg kurang ajar n da lewat batas pake ngancam segala….kita kan bs lapor kepada pihak yg berwajib n tuntut tuh DC
    Gitu aja kok repot n pake emosi segal

    • intinya berani berbuat, berani tanggung jawab,

      klo gk salah ya lawan, klo salah ya hadapi

  43. Saya jug punya masalah yang bikin pusing ga habis-habis, tahun 2006 istri saya (waktu itu masih pacar saya) mulai kenal dengan yang namanya kartu kredit. Saya yang waktu itu masih awam (bahkan sampe sekarang) hanya bisa mengingatkan penggunannya. Seteleh berjalan beberapa waktu jumlah kk-nya bertambah. Mungkin sudah ada sekitar 3 kartu. Penggunaan masih normal dan angsuran lancar. Kemudian kami menikah, sebagian kami ambil dari kartu kredit. Sjak saat itu, keseimbangan finansial kami terganggu, akhirnya istri apply kartu kredit baru untuk menutup angsuran beberapa kk yang telah ada. demikian seterusnya tanpa sepengetahuan saya. Ketika oktober 2009, saya kaget karena istri sudah memiliki kk sebanyak 13 kk plus 3 KTA. Dengan limit mulai 5 jt ke atas. Mulai saat itu, saya ikut membantu angsuran kk tersebut dengan modal pinjem sana-sini. Ke teman, saudara, pokoknya yang bisa memberikan pinjaman. Sampai saat ini saya telah memiliki hutang lebih dari 30 Jutaan dan masalah KK dan KTA istri saya juga belum terselesaikan. Bahkan sampai saat ini saya tidak tahu tagihannya sudah berapa, mungkin diatas seratus dengan ju8mlah kartu sebanyak itu. Teman, saya harus bagaimana??? Untuk yang punya solusi mohon infonya ke dionnami@yahoo.co.id, saya sangat membutuhkan solusi…..thx….

    • yah yg sabar mas selalu berdoa kepada Tuhan YME biar diberikan rejeki, gak cuma mas aja kok byk teman2 yg bernasib sama.
      saran sy byr aja sesuai kemampuan kita klau kta gak punya ya gah usah dipaksa…

  44. Hanya Berdo’a kepada Tuhan selalu diberikan Kekuatan Iman Atas semua permasalahan Duniawi dan mohon petunjuk kepadanya (ALLAH) untuk menyelesaikannya . . . InsyAllah Saudara2ku semua bisa mengakhiri penderita’an akibat Hutang-Piutang Amin.

  45. salam kenal smua…saya juga punya masalah yg sama…punya 2 KK…n 1 KTA…blum bisa byr/nunggak 2 bln ke2-2nya…tlp rmh trus berdering dari penagihan…aduhhhh….help…

  46. bagaimana cara menghadapi dc yg agak kasar ya n menekan saya tuk membayar hutang suami saya?suami saya sekitar tahun 2008 memp.hutang ke niaga sebesar 8 juta,n kami pernah 2 x menjalani reschedule alias mencicil, cuma di cicilan pertama n kedua hanya berjalan beberapa bulan… beberapa hari ini ada dc datang kerumah n memaksa tuk ketemu saya,krn reschedule yg dulu via saya..kami tetap berniat tuk bayar hutang cm tuk kondisi saat ini kami rasa belum memungkinkan tuk kami.

  47. iya tuh, emang kurang ajar dc, gue punya pengalaman juga utk kk yg tertunggak, dia ngancam gue bro,trus ngancam keluarga juga,,rasanya mau habisin aja tuh dc.

  48. suami sy jg mengalami masalah sampe sy ikutan pusing jg..suami sy pya byk krtu kredit bs ada 20 kk. awalnya dia buat bantu bisnis sodaranya,,eh taunya dia kena tipu 150jt sm sodaranya sendiri akhirnya apes hrs semua dia yg tanggung utk byr. skrg msh lom ada penunggakan tp biaya bunga smkin tinggi krn suami ku mencoba utk gali lubang tutup lubang jika trs kejadian bgni …bkn hutang mkn berkurang mlh mkn bertambah utk byr bunga nya yg kian tinggi. cara penyelesaian klo mnta keringanan aju ke bank jg percuma suami sy gk ada uang buat byr cicilan nya. pengen kabur dr rmh tp kasihan sm orgtua nya bs stres gara2 deb colector. Aduh,,,smpi pusing deh pengin nya kt ngontrak aja trs alamat d pindahin disana lalu gk usah byr lg alias kabur drpd hrs byr kk apalg bkn dia yg pake tp kena tipu,, suami lg kena sue gini… pusssinngg dehh jdnya,,,

  49. salam kenal,,,,,,,,,,, Kantor kami adalah specialis back Up CC/KTA, kami punya 3 ORMAS yg bisa membungkam DC yang berani intimidasi Nasabah, dan yang paling penting adalah bagaimana anda nyaman tanpa diganggu oleh pihak BANK maupun AGENCY, hubungi kami. 0811246363

  50. saya saat ini juga terlibat dalam KK sudah sebulan saya nunggal telpon masuk selalu tidak saya angkat orang kantor sudah saya bilang sudah g kerja disini lagi , kebeneran telpon rumah mati jadi g bunyi , saya mau bayar sudah g ada uang , yang saya risau hanya DC yang datang tetapi saya sudah siapkan mental jauh jauh hari kalau boleh tau vahea biayanya berapa untuk nyewa ormas agar DC kapok please advicenya kalau , info dari temen saya yang sudah pakai pengacara sewaktu DC datang kerumah dia hanya menunjukan surat kuasa dari pengacaranya dan kalau dia membeberkan hutang kita ke orang lain kita bisa kasi somasi atau pun dia akan mengancam kita bisa ajukan ke polisi karena telah meresahkan . salam dari saya mohon kalau ada temen yang pakai pengacara share ke saya karena saya rencana akan pakai lawyer tks.

    • @tedy saya juga pakai lawyer sebelum tadinya saya juga kena tipu pengacara gadungan yang beriklan di internet.
      namanya susanti dengan no telp 021- 92706160
      0813 100 7979 8
      Email : nabilashantyalhikmah@yahoo.co.id

      http://www.solusikartukredit-kta.blogspot.com

      dia itu tidak lebih dari seorang penipu yang meminta DP fee pengurusan KK tetapi KK saya tidak diurusin.
      setelah saya DP kemudian saya telp tapi tidak diangkat, di sms juga tidak dibalas.

      sekarang saya sudah menggunakan jasa pengacara yang lain yang memang benar2 bisa dipercaya.

      hati2 buat tmn2 yang au ngurus ke pengacara, jangan samapi tertipu mulut manis pengacara gadungan seperti mereka.

  51. wahai para petinggi yg khususnya duduk di pemerintahan, lihatlah mereka yg terjerat KK, kenapa bank – bank sekarang banyak yg memanipulasi data, yg berhak memiliki KK itu kan yang diatas 50jt / tahun penghasilannya. kenapa sekarang semudah membalikan tangan yg pendapatannya 1,5 juta aja memiliki belasan KK ??? salahkan bank nya bukan nasabahnya.

  52. sm nich nasibku ma temen2 diatas, bs ga ya kt byr pokoknya aja tp dicicil sesuai kemampuan kita sampai lunas,nas,nas…..stress lm2 mikirin utang…

  53. Sebenarnya pk pengacara itu manjur enggak sih ?

    Mending DC dtg mau liat surat kuasa dr pengacara ? Klo dia jawab gk ada urusan sama pengacara ?

    Bingung nih…pengacara minta fee 10 % dr total lomit, pdhl boro-boro 10 %…1 % aja kagak ada.

    Saya udah kena somasi lelang utang BANK yg ada jaminannya shg utk byr KK enggak ada sisa lagi.

    Black List ?….emang gue pikirin.

    Nyari duit utk angsur utang pk jaminan itu aja puyeng tujuh keliling…1 bln lagi kagak ada byr rumah disita.

    Tuhan…kasih saya rejeki lebih lagi utk melunasinya.

  54. dasar budaya koruptor di pakai rakyat indonesia,klu ndk mau byr jng pakai kartu kridit..ujung2ny ndk bs bayar nyalahin pihak bank,sama jg anda pencuri….beli kue pakai kk,ujung2ny ndk byr……capek dech….sama orng kyk gni….

  55. saat ini saya juga mengalami hal yg sama punya 4KK dan 1KTA
    semuanya belum menunggak,tapi untuk membayar payment minimum,bulan ini sudah gak sanggup,krn kebetulan usaha yg modal nya di ambil dr KK dan KTA ini,skrg dalam keadaan bangkrut,selama ini sdh hampir lebih dr 5taun,sy belum pernah menunggak KK atau KTA,saya cuma takut akan teror2 dari bank dan DC,meneror orangtua dan paman sy sebagai referensi,mangkanya saya berencana memakai pengacara,untuk mereschedule KK dan KTA saya,tapi ada gak pengalaman teman2 dlm memakai jasa pengacara,sebenernya saya takut tertipu penyelesaian lewat pengacara,
    mohon sharingnya,dan email ke saya t14z_cut3@yahoo.com

    makasih

  56. @ tiaz harus hati2 dengan pengacara kartu kredit saya, cari yang benar2 bagus dan bisa dipercaya. saya sudah DP pengacara an susanti dengan no telp 021- 92706160
    0813 100 7979 8
    Email : nabilashantyalhikmah@yahoo.co.id

    http://www.solusikartukredit-kta.blogspot.com

    Saya sudah DP dan bayar fee pengacara tetapi kartu kredit saya tidak diurusin.
    sementara saya telp dia ngga diangkat kemudian sms juga tidak dibalas.
    dia gencar beriklan di internet tetapi tidak lebih dari seorang penipu.
    makan uang saya yang sedang kesusahan dengan kartu kredit, apalagi sekarang bulan ramadhan.
    semoga seluruh hutang saya pindah ke dia dan teman2nya yang memakan uang saya.
    bersenang senang diatas penderitaan orang lain
    klo ada yg ingin ditanyakan dapat email ke saya genta.sirna@yahoo.com

  57. Saya jg punya tunggakan 3 kk dan sdah saya selesaikan sndiri dan tidak perlu pakai pengacara buat apa buang uang buat pengacara mendingan bayar aja cicilan kk toh juga dapat potongan 40% dicicil selama 6 bulan datang aja dan bilang bahwa kondisis keuangan lg kacau bank akan merespon selama 6 bln br dapat potongan.pemakaian kk std saya diawal 20jt dan membengkak jadi 25 jt setelah 6 bulan ada potongan jadi 16jt dicicil 6 bulan .dari pengalaman saya bisa untuk anda yang kesulitan dikartu kredit

  58. Pengalaman saya punya 3 kk yaitu std,niaga,citybank semuaya dah lunas dengan cicilan keringganan dengan standard cat bank nunggak dari 20jt membengkak jadi 25jt dpat potongan jd 16jt dicicil 6bulan. Bank niaga pemakaian 4jt nunggak menjadi 5.5jt dpat potongan bayar 3jt dicicil 3bulan slesai,citybank dari pemakaian 5.5jt membengkak jadi 9.7jt dapat potongan bayar menjadi 4.6jt dan selesai saya bayar semua kk tidak memakai jasa pengacara hanya saya sendiri yang nego .Ini pengalaman saya dan bermanfaat bagi masalah kk nunggak.

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: