BEASISWA BAGI YANG TIDAK MAMPU MENERUSKAN PENDIDIKAN

Bagi masyarakat yang benar-benar ingin meningkatkan atau melanjutkan pendidikannya, namun memiliki kemampuan finansial (keuangan) nya sangat terbatas. Maka untuk lebih meringankan biaya pendidikannya, dapat mengajukan beasiswa ke KPT (Konsultan Pendidikan Tinggi).
Ketentuan/Persyaratan/Ketetapan
1.     Beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang kemampuan finansialnya benar-benar terbatas dan tidak mencukupi untuk membayar/mengangsur biaya pendidikan, sedangkan yang bersangkutan sangat ingin (memiliki motivasi tinggi) untuk melanjutkan/meningkatkan pendidikannya.
2.     Pemilihan PTS yang dituju, ditentukan oleh KPT dengan mempertimbangkan :

-     Jurusan yang dipilih calon mahasiswa penerima beasiswa terkait

-     Urutan prioritas PTS yang diinginkan/diminati calon terkait

-     Lokasi tempat tinggal calon terkait.

Tata Cara Pengajuan Beasiswa
1.     Mengisi Formulir Pendaftaran (Gratis)
2.     Membuat (menulis) Form Data Tambahan Pengajuan/Permintaan Beasiswa dengan JUJUR (Form tersebut ada di bawah ini).
3.     Menyerahkan :

-     Foto copy KTP (atau kartu identitas lain)

-     Foto copy Kartu Keluarga atau dokumen sejenis

-     Untuk Lulusan SMU/SMK/sederajat : 1 lembar copy ijazah

-     Untuk Lulusan D3, S1, dsb :1 lembar copy Transkrip Nilai dan 1 lembar copy Ijazah

-     Daftar Riwayat Hidup (CV)
4.     Menyerahkan berkas/dokumen 1, 2, 3 tersebut ke Sekretariat PKSM/P2K di salah satu PTS terkait, dengan salah satu cara berikut ini

-     diserahkan langsung ke Sekretariat PKSM/P2K PTS tersebut, atau

-     di Fax ke layanan info 17 Jam, atau

-     dikirimkan via email ke humas@pts-ptn.net, atau

-     dikirimkan via POS, ditujukan kepada :
Kabag. Penertiban Pembayaran
(a.n. Panitia Perekomendasi Beasiswa)
Sekretariat Perkuliahan Karyawan/Program Kuliah Sabtu Minggu
…………………………….. (Nama PTS-nya)
…………………………….. (Alamat PTS-nya)

Form Data Tambahan Pengajuan/Permintaan Beasiswa
Buatlah/ceritakanlah/tulislah dengan JUJUR di satu atau beberapa lembar kertas (diketik atau ditulis tangan) mengenai (dengan urutan) :
1.     Judul : Data Tambahan Pengajuan/Permintaan Beasiswa
2.     Nama Lengkap
3.     Nomor Telepon/HP untuk dihubungi panitia (wajib ditulis/dicantumkan agar memudahkan konfirmasi, bila tidak memiliki telp/HP, maka menggunakan telepon tetangga/famili/rekan/dsb).
4.     Minimal 3 nama PTS yang diminati/diinginkan (diurutkan dari yang paling diminati). Bila hanya menuliskan satu atau dua nama PTS saja, maka pengajuan beasiswa ini tidak dapat diproses.
5.     Jurusan yang diminati/diinginkan (boleh lebih dari satu jurusan, diurutkan)
6.     Siapa yang nantinya membiayai sebagian biaya kuliah/pendidikan tersebut (misalnya dibiayai sendiri atau orang tua/wali/famili).
7.     Kondisi finansial (keuangan) yang membiayai (antara lain, berapa penghasilan setiap bulannya, jumlah tanggungan, memiliki rumah/menyewa, memiliki/tidak memiliki kendaraan, dsb-nya).
8.     Ceritakanlah (tulislah) hal-hal lain yang memperjelas kondisi, keinginan/motivasi, dsb-nya, sedemikian rupa sehingga menunjukkan benar-benar sangat memerlukan beasiswa/keringanan tersebut.

Catatan Penting
Dikarenakan keterbatasan dana untuk beasiswa tersebut, maka bagi mereka (masyarakat) yang relatif mampu secara finansial (keuangan) dalam membayar biaya pendidikan, dimohon turut memiliki komitmen sosial dengan TIDAK MENGAJUKAN beasiswa. Agar tidak menutup peluang bagi yang benar-benar kurang mampu secara finansial.

Formulir Permohonan Beasiswa

original information from : http://beasiswa.ptkpt.net/

16 Tanggapan

  1. Salam,

    Saya Grace, keponakan saya sudah lulus UMB di FK UI. Sangat kesulitan dengan biaya karena bapak nya hanya PNS (guru SMP) dan ibu nya tidak punya pekerjaan.

    Kira kira untuk kondisi ini bisakah?

    terima kasih

    toindonesia:
    wah, grace. persisnya kami tidak tahu. tapi yg paling penting adalah keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat sangat membantu. coba aja atau tanyakan ke pihak yang paling berwenang.
    terima kasih atas kunjungannya ke toindonesia.
    materi di sini boleh anda copy sejauh dpt memberi manfaat.

  2. saya forward boleh ya

  3. tulisan ini saya forward ya

    toindonesia:
    silahkan mas zul. semua materi di sini boleh anda forward terutama yang memang memberi manfaat bagi ummat. terima kasih sudah berkunjung ke http://www.toindonesia.wordpress.com

  4. musti PTS ya?

    toindonesia:
    wah, kayaknya gak juga deh. coba dibaca lagi dengan cermat.
    thaks dah maen di bloggku

  5. assalamualikum wr.wb, saya masih sekolah kelas 3 SMA tp saya mempunyai masalah keuangan yang begitu berat mulai kelas 2 SMP dan saya sekolah dengan usaha serta keinginan saya sendiri,orang tua saya ekonominya sangat lemah sekali bahkan untuk makan saja susah,saya berangkat sekolah dari hasil uang ngamen,dan keinginan saya adalah bisa sekolah sampai keperguruan tinggi, bagaimana caranya?semoga yang membaca bisa membantu saya dan saya siap kerja apa saja asal saya bisa sekolah asal tidak menyimpang dari agama saya. arisfelani@rocketmail.com mohon hubungi saya bagi yang bisa bantu.trimakasih

  6. salam…
    dengan rasa hormat kami ingin sekali melanjutkan kuliah tapi apa daya keungan yang yang tidak mengijinkan untuk itu.
    nama;tarjudin, tgl lahir;23 april 1971,belum menikah lulus sma th 1990 di brebes dan saat ini tinggal dibandung ngontrak dan ikut saudara,ingin sekal kuliah di UNPAS,UNISBA,UNPAR,UNIKOM,jurusan filsafat,hubungan internasional,dan bahasa inggris.
    saat ini aku sangat sekali untuk kuliah…biarlah walau dapat umur tapi semangat untuk kuliah besar dan ingin sekali.ini no hp 02292439870 .
    mohon dengan sangat agar dapat beasiswa.
    terima kasih

  7. ass…
    mo nanya
    yg bapak tau tntang beasiswa yg keluar negeri….
    bagaimna proses’y dll nya..


    tanggapan toindonesia:
    hihihihi……. maaf mas. saya belum tau sejauh itu. tp sedikit info. beasiswa ini bisa didapat kalau kalau kita punya satu kelebihan khas seperti kemampuan seni (baik tradisional maupun bukan) yang sangat mumpuni, aktifis/pekerja sosial yang berpengalaman, profesi tertentu seperti guru/pns (pokoknya yg deket-deket dunial sosial). satu contoh, aktifis HAM almarhum munir dulu dapat beasiswa ke Belanda untuk bidang hukum tp tentu yang nilai sosialnya tinggi seperti masalah HAM. untuk bidang-bidang yang dekat dengan dunia profit seperti ekonomi, kedokteran, hukum, komunikasi, dan lain-lain. beasiswa diberikan untuk orang yang betul-betul berprestasi misalnya dengan nilai yang sangat-sangat tinggi plus ide penelitian yang inovatif, benar-benar menemukan sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk dunia.
    tapi nilai tertinggi yang akan dilihat oleh pemberi beasiswa adalah selama ini apa saja peran yang telah kita berikan kepada masyarakat. artinya, prestasi kita di masyarakat sudah ngapain?
    semoga bermanfaat.

  8. cara kirim formulir pemdaftaranya giman?
    harus pake emial atau fex aja?
    terus untuk foto copy KTP, ijasah, transkip nilai kan udah berbentuk lembaran, gmana cara kirimnya?

    “toindonesia:
    ada yg tau caranya?hehehe…. sori, saya ga tau soal itu. coba tanyain ke depdiknas.
    makasih atas kunjungannya”

  9. dear….

    saya ingin sekali meneruskan kuliah. tetapi saya ada kendala masalah ekonomi. karena saya anak yatim piatu, sedangkan saya ada tanggung jawab 2 adik saya. yg satunya udah kerja dan satunya lagi masih kuliah. kuliah adik saya, saya yang bertanggung jawab. sehingga keinginan saya untuk kuliah saya tunda dahulu karena saya ingin menyelesaikan kuliah adik saya terlebih dahulu. karena saya tidak mampu kalau adik saya kuliah dan saya juga kuliah.

    saya ingin sekali kuliah di design grafis, walaupun itu hanya D1 saja.

    ada yang bisa bantu saya kasih saran???

  10. saya amir hamzah, sekarang saya kelas 3 SMK jurusan marketing, saya ingin sekali melanjutkan keperguruan tinggi, tapi saya mempunyai kendala yaitu masalah ekonomi, keuangan keluarga tidak cukup untuk membiayai saya, saya ingin membagahagiakan orangtua dan keluarga melalui program beasiswa mudah-mudahn program ini dapat membanttu saya untuk melanjutkan pendidikan saya.. kalu ada info tolong hubungi amir.hamzah17@yahoo.co.id , Tolong yaaa Terima kasih

  11. masa sihhhhhhhhhhhh dasar aku gk percaya

  12. Assalmu’ alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

    Saya adalah salah satu mahasiswa di sekolah tinggi yang ada di jakarta, saya dari kalangan kurang mampu dan butuh dana untuk melanjutkan study saya, secara financial orang tua tidak mampu membiayai saya , tapi karena keinginan saya untuk terus belajar akhirnya orang tua mengijinkan, tp orang tua tidak mampu . semoga dengan program beasiswa ini dapat membantu kelancaran belajar saya.

    Wassalamu’ alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

  13. Assalmu’ alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
    saya adalah salah adalah mahasiswa perguruan tinggi swasta di bandung, saya dari kalangan kurang mampu dan butuh dana untuk melanjutkan study saya, tapi karena keinginan saya untuk terus belajar akhirnya orang tua mengijinkan, tp orang tua tidak mampu . semoga dengan program beasiswa ini dapat membantu kelancaran belajar saya. dan bagaimna cara menggambil formulirnya, jazakollah

    Wassalamu’ alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

  14. ass…ana biant dari kampus UNIS tangerang FAI Semester V, sekarang masih buka beasiswanya ga’? untuk yang masih dalam tahap perkuliahan masih bisa dapat ikut program beasiswanya? caranya gimana cich……
    thaks atas bantuanya.

  15. ptsnya tu ditentukan ya?
    atau kita sndri yg mnentukan?

  16. ptsnya tu ditentukan ya?
    atau kita sndri yg mnentukan?

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

